SOLOPOS.COM - Kimi Raikkonen (dok)

Kimi Raikkonen (dok)

BARCELONA—Kimi Raikkonen membawa tim Lotus menorehkan waktu tercepat di hari keempat atau hari terakhir sesi uji coba pramusim Formula 1 di Barcelona, Minggu (4/3) pagi waktu setempat.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Pembalap Finlandia tersebut menyelesaikan sejumlah single-lap di satu jam terakhir dan mencatatkan waktu satu menit 22,030 detik. Itu merupakan catatan waktu tercepat sepanjang uji coba di Barcelona.

Raikkonen yang sebelumnya menjalani program simulasi lima lap dengan ban lunak dan medium, melahap 41 lap di Minggu pagi. Catatan waktu yang dibukukannya unggul 0,220 lebih cepat dari lokal hero, Fernando Alonso yang menyelesaikan 63 lap.

Catatan waktu terbaik Alonso tercipta saat menggunakan ban lunak. Pembalap Ferrari itu fokus pada jarak pendek, di mana jarak terpanjang yang ditempuhnya saat menyelesaikan empat lap.

Pembalap Williams, Bruno Senna berada di urutan ketiga dengan catatan waktu satu menit 22,296 detik. Itu merupakan kesempatan terakhir pembalap Brazil tersebut menggeber mobil sebelum menyerahkannya kepada Pastor Maldonado untuk uji coba siang hari.

Sementara pembalap Force India, Nico Hulkenberg dan pembalap Sauber, Kamui Kobayashi masing-masing membuntuti di urutan keempat dan kelima. Sedangkan urutan keenam dihuni jagoan McLaren, Lewis Hamilton. Pembalap Inggris yang memperbaiki catatan waktunya yang banyak hilang di trek basah, menyelesaikan 60 lap, jumlah lap terbanyak di sesi uji coba Minggu pagi.

Juara dunia bertahan, Sebastian Vettel, lebih banyak menghabiskan uji coba Minggu pagi di pits dan hanya menyelesaikan 15 lap saat kali pertama menggeber <I>upgrade<I> mobil Red Bull RB8. Kerusakan pada sayap mobil menjadi masalah utama yang dihadapi Vettel.

Rekan setim Vettel, Mark Webber akan menjajal mobil di sesi uji coba siang. Webber yakin berada dalam kondisi lebih baik ketika menghadapi seri pembuka <I>Grand Prix<I> (GP) Australia, 18 Maret nanti. “Saya membidik hal jauh lebih baik di tahun ini dari yang saya lakukan tahun lalu,” kata Webber dikutip Autosport, Minggu.

“Akan kembali menjadi persaingan ketat di barisan depan dan inilah yang membuat saya begitu antusias. Itulah kenapa saya berlatih dan mempersiapkan diri dan saya tak sabar berada di bagian utama kejuaraan ini.”

(Aeranie Nur Hafnie/JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya