SOLOPOS.COM - Ilustrasi timnas Indonesia. (Instagram/timnas.indonesia).

Solopos.com, SOLOTimnas Indonesia menghadapi ujian berat pada round atau babak 2 di Grup F kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026 yang mulai digelar pertengahan November 2023 mendatang.

Skuad Garuda akan menghuni Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina pada babak 2 nanti. Ini tentu bukan hal mudah bagi tim asuhan Shin Tae-yong untuk meredam perlawanan tiga tim tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Faktanya, Indonesia memang memiliki ranking FIFA paling rendah di antara ketiga negara itu.

Berdasar pencatatan terbaru Football Ranking yang dipublikasikan melalui laman football-ranking.com, pada Rabu (18/10/2023), Indonesia berada di ranking 145.

Sementara, Irak menempati ranking FIFA 69. Posisi itu jauh di atas Indonesia. Ranking Irak paling tinggi di antara kontestan di Grup F. Hal itu menunjukkan Irak adalah tim paling kuat di grup tersebut.

Vietnam tercatat memiliki ranking FIFA 94. Ranking FIFA Indonesia masih kalah cukup jauh dengan Vietnam. Selama ini Vietnam memang selalu menjadi batu sandungan bagi Indonesia dalam meraih gelar juara di Piala AFF, baik di level kelompok umur maupun senior.

Sedangkan, Filipina tercatat memiliki ranking FIFA 138, sedikit di atas ranking Indonesia. Indonesia diharapkan memetik poin penuh kala melawan Filipina nanti.

Meski secara ranking kalah, tetapi skuad Garuda memiliki rekor pertemuan mentereng dengan Filipina. Ambil contoh rekor pertemuan di SEA Games.

Sejak pertemuan pertama pada 1977 yang berakhir imbang 1-1, Indonesia selalu menang menghadapi Filipina di edisi-edisi berikutnya.

Meski menghadapi ujian berat, Indonesia tetap memiliki harapan menduduki peringkat satu atau setidaknya runner up Grup F agar lolos ke babak 3.

Saat ini, Indonesia diisi pemain berkualitas. Skuad Garuda mendapatkan banyak pemain naturalisasi berlevel Eropa, seperti Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan pemain keturunan Elkan Baggott.

Timnas Indonesia berpeluang mendapatkan tambahan pemain naturalisasi berlevel Eropa lainnya seperti Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Saat ini mereka sedang mengurus proses naturalisasi yang diharapkan bisa selesai pada tahun ini.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan timnas Indonesia siap menghadapi lawan tangguh seperti Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F pada babak 2 kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026.

“Indonesia respek dengan setiap lawan yang akan dihadapi. Tapi kami juga yakin dengan kualitas timnas Indonesia siap bertempur dengan lawan manapun,” kata Erick melalui keterangan tertulis.

Mantan Presiden Inter Milan itu menyebut tim asuhan Shin Tae-yong memiliki kualitas bersaing dengan tiga negara di Grup F.

Dia optimistis skuad Garuda dapat memastikan satu tiket lolos ke ronde ketiga untuk lebih dekat dengan pintu Piala Dunia 2026 yang akan digelar di tiga negara, Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

“Kami respek dengan lawan yang sudah menanti di Grup F. Namun timnas Indonesia dalam kondisi siap tempur melawan Irak, Vietnam, dan Filipina demi tiket ke putaran final kualifikasi,” ucap Erick.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya