SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa membentangkan jaket timnas dan poster saat mengikuti Aksi Dukungan Timnas Indonesia di kawasan Ngarsopuro, Solo, Jumat (26/1/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, DOHA — Selain prestisius, laga melawan Australia di Babak 16 Besar Piala Asia Qatar 2023, Minggu (28/1/2024), juga bakal berpengaruh pada peringkat Timnas Indonesia.

Jika bisa menang atas Australia, peringkat Indonesia di ranking FIFA dipastikan bakal melonjak drastis.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Saat ini peringkat Indonesia diprediksi berada di 142 dunia hasil dari menang 1-0 atas Vietnam (94) pada fase Grup D, Jumat (19/1/2024) lalu.

Kekalahan 1-3 dari Jepang pada laga berikutnya tidak menggeser posisi Indonesia karena hanya berkurang 4,6 poin.

Laman football-ranking.com menulis, jika menang atas Australia maka Indonesia bakal mendapat tambahan 30,21 poin.

Tanpa memperhitungkan hasil dari grup lain, tambahan 30,21 poin bakal mendongkrak ranking Indonesia ke angka 135 dunia.

Sejumlah negara yang bakal tergeser adalah Turkmenistan, Burundi, Filipina, Lithuania, Kuwait, Latvia dan Kepulauan Faroe.

Jika seri, Timnas Indonesia bakal mendapatkan tambahan 12,71 poin dan membuat mereka naik satu posisi ke peringkat 141 dunia menggeser Turkmenistan.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan, sistem yang berlaku di babak 16 besar Piala Asia tidak ada pengurangan poin bagi tim yang kalah.

“Tapi jika imbang atau menang akan ada tambahan poin. Ini tentu menguntungkan buat Indonesia,” ujar Ronny seperti dikutip dari kanal Youtube, Bung Ropan.

Pantauan Solopos.com, FIFA belum melakukan update ranking meski sejumlah negara sedang menjalani pertandingan baik di Piala Asia maupun Piala Afrika.

Yang tertera di laman resmi FIFA masih data tanggal 21 Desember 2023.

Bek muda Timnas Indonesia, Rizky Ridho, akan bermain total jika diturunkan pelatih Shin Tae-yong menghadapi Australia.

Dalam laga terakhir Grup D melawan Jepang, Rizky Ridho dimainkan sejak awal menggantikan kapten Asnawi Mangkualam yang cedera ringan.

Rizky Ridho mengatakan dirinya sudah fokus mempersiapkan diri menghadapi Australia di Stadion Jassim bin Hamad, Doha.

Ridho berharap bisa bermain lebih baik. Ia belajar banyak dari laga kontra Jepang di mana saat itu gawang Indonesia bobol tiga kali.

“Untuk persiapannya, lebih fokus saja. Sama mental lebih dikuatkan karena menurut saya saat melawan Jepang, saya bermain kurang baik. Jadi saya akan evaluasi diri,” kata Rizky Ridho seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI.

Ridho mengantisipasi keunggulan postur para pemain Australia.

Saat menghadapi Irak di laga pertama Grup D, Ridho kalah duel dengan Aymen Hussein yang menjadi sebab gol ketiga ke gawang Ernando Ari.

“Kalau dari saya, belajar dari kesalahan itu tadi. Jangan sampai kalah lagi dalam duel seperti itu,” ujarnya.

Seluruh pemain Tim Nasional Indonesia dalam kondisi bugar jelang melawan Australia di Babak 16 Besar Piala Asia Qatar 2023, Minggu (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Dengan demikian, peluang bek kiri Shayne Pattynama dan striker Ramadhan Sananta dalam laga hidup mati ini untuk tampil cukup besar.

Seperti diketahui, pemain Viking FC Norwegia dan penyerang Persis Solo itu belum dimainkan dalam tiga pertandingan fase Grup D.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, membenarkan seluruh pemain Timnas Indonesia dalam kondisi bugar jelang menghadapi Australia, termasuk Ramadhan Sananta.



Namun soal formasi dan pemain yang diturunkan, menurutnya, adalah wewenang mutlak pelatih kepala Shin Tae-yong.

“Semua pemain dalam kondisi siap,” kata Nova Arianto.

Perkiraan line up Timnas Indonesia vs Australia:

(3-4-3): Ernando Ari; Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri, Rafael Struick, Ramadhan Sananta.

Ranking 16 tim Babak 16 Besar Piala Asia 2023:

1. Jepang: 17
2. Iran: 21
3. Korea Selatan: 23
4. Australia: 25
5. Arab Saudi: 56
6. Qatar: 58
7. Irak: 63
8. Uni Emirat Arab: 64
9. Uzbekistan: 68
10. Bahrain: 86
11. Yordania: 87
12. Suriah: 91
13. Palestina: 99
14. Tajikistan: 106
15. Thailand: 113
16. Indonesia: 146

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya