SOLOPOS.COM - Pemain timnas U-17 Indonesia berusaha melepaskan diri dari adangan pemain lawan saat uji coba di Jerman, Sabtu (14/10/2023) waktu setempat. Timnas kalah 0-3. (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, JAKARTATimnas U-17 Indonesia memiliki rapor laga uji coba yang kurang bagus selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman sejak 18 September 2023 lalu.

Kurang tajamnya serangan menjadi sorotan. Atas kondisi itu, para pemain diminta lebih mematangkan semua aspek yang masih perlu dibenahi lantaran pertandingan pada Piala Dunia U-17 nanti akan lebih berat dibanding uji coba. Saat ini timnas U-17 sudah di Tanah Air.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Dikutip Solopos.com dari laman resmi PSSI, pssi.org, Kamis (26/10/2023), timnas U-17 melakoni tujuh laga uji coba selama di Jerman. Skuad Garuda Muda hanya menang di dua laga, satu kali imbang, dan empat kali kalah.

Kemenangan tim asuhan Bima Sakti dipetih saat melawan VFL Osnabrück U-19 (skor 2-1) dan SC Paderborn Youth U-17 (skor 1-0).

Sedangkan, hasil seri dipetik saat melawan SV Meppen U-17 (skor 1-1). Sementara, kekalahan timnas U-17 dialami kala kontra dari FC Koln U-17 (skor 2-3), FSV Mainz 05 U-19 (skor 0-3), Eintracht Frankfurt U-19 (skor 0-3), dan TSV Meerbusch U-17 (skor 0-1).

Kapten timnas U-17 M. Iqbal Gwijangge tak memungkiri hasil uji coba timnya belum memuaskan. Pemain berdarah Papua itu menyebut memang masih ada pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan.

Utamanya soal serangan. Dalam dua kali kemenangan yang diraih, timnas U-17 hanya menang tipis 2-1 saat kontra VFL Osnabrück U-19 dan unggul 1-0 dari SC Paderborn Youth U-17.

“Pertama, kita masih harus matangkan lagi di attacking, final third dari tengah ke depan, attacking position juga kita harus tingkatkan lagi saat di Indonesia nanti, supaya lebih efektif dan efisien bermain bolanya waktu kita nanti menghadapi tim-tim seperti Ekuador, Panama dan Maroko,” ulas Iqbal.

Terpisah, Ketua Umum PSSI Erick Thohir melihat ada beberapa hal yang harus dibenahi seperti soal disiplin.

“Kemarin saya sudah bertemu dengan para pemain dan ofisial. Ada tiga pesan yang sampaikan ke mereka bahwa disiplin dalam bermain. Mereka sudah latihan formasi yang saya rasa usia 17 tahun kadang-kadang menerapkan formasinya kurang disiplin,” kata Erick Thohir saat acara pembukaan Asiana Cup di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Hal lain yang perlu diperbaiki tentang komunikasi di lapangan dan penyelesaian akhir. “Kedua, bagaimana komunikasi di lapangan. Mereka harus banyak bicara di lapangan, saling mendukung. Ketiga, sepak bola itu membuat gol. Percuma menyerang 10 kali tapi enggak gol-gol, ada yang nyerang tiga kali tapi gol,” ujarnya.

Indonesia akan berada di Grup A bersama dengan Ekuador, Maroko, dan Panama. Erick menilai tidak ada lawan yang mudah bagi Indonesia.

Sebab itu Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan harus terus mematangkan persiapan mereka terutama dalam kemampuan menyerang.

“Ketika menyerang itu dimanfaatkan sedemikian mungkin karena tim yang akan dilawan adalah tim tim kelas dunia. Jangan pernah menganggap remeh Panama, dan juga jangan pernah menganggap besar Ekuador dan Maroko,’’ imbuh mantan Presiden Inter Milan itu.

Piala Dunia U-17 akan digelar pada 10 November sampai 2 Desember dengan diikuti 24 negara yang terbagi enam grup, A-F.

Dalam penyelenggaraannya, Piala Dunia U-17 menggunakan empat stadion di Indonesia yaitu Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Timnas U-17 Indonesia asuhan Bima Sakti tergabung pada Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Indonesia akan memainkan semua laga babak penyisihan Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Berikut hasil lengkap laga uji coba timnas U-17 selama TC di Jerman:

Jumat, 20 Oktober 2023

  • Indonesia U-17 2 – 3 FC Koln U-17.

Selasa, 17 Oktober 2023

  • Indonesia U-17 1 – 1 SV Meppen U-17.

Sabtu, 14 Oktober 2023

  • Indonesia U-17 0 – 3 FSV Mainz 05 U-19.

Minggu, 8 Oktober 2023

  • Indonesia U-17 0 – 3 Eintracht Frankfurt U-19.

Kamis, 05 Oktober 2023

  • Indonesia U-17 2 – 1 VFL Osnabrück U-19.

Senin, 02 Oktober 2023 (friendly match)

  • Indonesia U-17 1 – 0 SC Paderborn Youth U-17.

Kamis, 28 September 2023

  • Indonesia U-17 0 – 1 TSV Meerbusch U-17.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya