Formula 1 2018: Ferrari Mulai Frustrasi

Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. (Reuters/Kim Hong Ji)
17 September 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SINGAPURA — Lewis Hamilton kian tak tertahankan di perebutan gelar juara Formula 1 (F1) 2018 seusai menjuarai GP Singapura di Sirkuit Marina Bay, Minggu (16/9/2018) malam WIB. Kini Hamilton unggul 40 poin dari pesaing terdekat di klasemen, Sebastian Vettel, yang hanya mampu finis di posisi ketiga.

Blunder taktik yang dilakukan Ferrari menjadi salah satu penyebab kegagalan Vettel menempel Hamilton di Singapura. Keputusan Vettel masuk pit lebih awal di lap ke-14 untuk beralih ke ban ultrasoft berbuah petaka karena dia justru terhambat Sergio Perez saat keluar dari pit. Dia baru bisa menyalip Perez tiga lap kemudian.

Sayang, Hamilton yang start dari pole position sudah telanjur berada jauh di depan. Hamilton akhirnya menguasai balapan hingga garis finis dengan pilihan ban dengan kompon terkeras.

Vettel sejak awal sudah tak yakin ban ultrasoft bakal membawa mobil stabil hingga akhir balapan. Dia terang-terangan kecewa dengan taktik yang diterapkan Ferrari. “Saya sudah bilang sebelum akhir pekan, yang bisa mengalahkan kita [Ferrari] adalah diri kita sendiri. Saya pikir akhir pekan ini kami tidak mengeluarkan yang terbaik,” ujar Vettel dilansir Autosport, Minggu.

Pembalap asal Jerman ini menilai timnya tak memiliki peluang menjuarai balapan jika tak membenahi taktik dan kecepatan jet darat. “Secara umum kami tidak cukup cepat,” ujar Vettel yang berjarak hampir 40 detik dengan Hamilton di Marina Bay. Hamilton sendiri tak percaya dengan performa buruk Ferrari di Singapura.

“Saya bingung ke mana hilangnya kecepatan mereka,” ucap pembalap Mercedes itu. Hamilton mengaku puas dengan kemenangan di Marina Bay, sirkuit yang biasa menjadi milik Ferrari. Dengan keunggulan 40 poin dan sisa lima balapan, peluang Hamilton untuk mempertahankan gelar juara kian besar.