Menangi GP Jepang, Marc Marquez Juara Dunia Moto GP 2018

Marc Marquez (Reuters/Soe Zeya Tun)
21 Oktober 2018 13:00 WIB Ginanjar Saputra Sport Share :

Solopos.com, MOTEGI — Moto GP 2018 seri ke-16 di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (21/10/2018) siang WIB, dimenangi pembalap asal Spanyol, Marc Marquez. Dengan kemenangan tersebut, pembalap yang identik dengan nomor 93 itu mengunci gelar juara dunia Moto GP 2018. 

Di awal balapan Moto GP Jepang ini, Marquez yang mengawali balapan dari posisi keenam sempat mendapat perlawanan sengit dari pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso, yang start dari pole position.

Dovi memulai balapan dengan sangat baik dan mampu mempertahankan posisinya pada putaran pertama. Sedangkan Marc Marquez yang memulai balapan dari posisi keenam melesat di posisi kedua mendahului empat pembalap di depannya.

Sementara itu, Valentino Rossi yang start dari posisi kesembilan juga tak kalah garang. Ia berhasil mendahului tiga pembalap di depannya dan menempati posisi keenam pada putaran pertama.

Di lap kelima, terjadi saling menyalip seru di antara beberapa pembalap. Marc Marquez yang awalnya mampu menempati posisi kedua harus turun di posisi ketiga setelah ditikung Cal Crutchlow. Sedangkan Rossi mampu melesat di posisi keempat pada lap kelima.

Andrea Dovizioso masih aman di posisi petama dan Marc Marquez berjuang menyalip Crutchlow. Pembalap Spanyol tersebut akhirnya mampu merebut kembali posisi kedua dari Cal Crutchlow di putaran ketujuh.

Valentino Rossi yang sempat mampu bertahan di posisi keempat justru tak kuasa membendung kecepatan pembalap Suzuki, Andrea Iannone. Rossi disalip Ianonne pada putaran kesembilan. Bukan hanya itu, posisi Rossi kembali melorot di putaran ke-10 setelah disalip pembalap Suzuki lainnya, Alex Rins.

Saat balapan menyisakan 11 putaran, terjadi persaingan seru antara Dovizioso, Marquez, dan Crutchlow. Marquez yang berjuang keras menyalip Dovizioso sampai-sampai harus hampir keluar trek.

Sedangkan Crutchlow mencoba mengambil keuntungan dari kemelut yang terjadi antara Dovizioso dan Marquez. Namun demikian, Dovizioso masih mampu mempertahankan posisi paling depan yang ia kuasai sejak awal balapan.

Di lap ke-15, Andrea Iannone yang berada di posisi keempat harus terjungkal. Pembalap Suzuki itu pun tak mampu melanjutkan balapan di Moto GP Jepang kali ini.

Balapan menyisakan empat lap, Marc Marquez terus menempel Andrea Dovizioso yang berada di posisi pertama. Marquez berhasil menyalip pembalap asal Italia tersebut saat balapan masih menyisakan tiga putaran.

Berusaha menyalip Marc Marquez, Andrea Dovzioso malah terjungkal saat balapan menyisakan dua putaran. Si Bayi Alien pun dengan nyaman melenggang ke garis finis di posisi pertama.

Atas hasil di Moto GP Jepang itu, Marc Marquez dipastikan menjadi juara dunia Moto GP 2018. Meski masih menyisakan beberapa seri, koleksi poin Marquez tak bisa dikejar pembalap lain.

Marquez finis di posisi pertama disusul Cal Crutchlow di posisi kedua dan Alex Rins di posisi ketiga. Sedangkan pembalap andalan Yamaha, Valentino Rossi mengakhiri balapan di tempat keempat.