Porprov Jateng 2018: Anggar Solo Hat-Trick Juara Umum

Porprov Jawa Tengah 2018 (Konijateng.org)
24 Oktober 2018 23:25 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SOLO — Status kontingen cabor anggar Kota Solo sebagai penguasa Jawa Tengah tidak tergoyahkan. Kontingen cabor anggar Kota Solo berhasil mencetak hattrick juara umum di tiga edisi terakhir Porprov Jateng.

Jumlah medali emas yang diraih kontingen anggar Kota Solo pada Porprov Jateng XV 2018 memang menurun dibandingkan perolehan emas pada Porprov XIV di Banyumas pada 2013 silam. Di Banyumas, kontingen cabor anggar Solo mendulang tujuh medali emas.

Pada Porprov Jateng kali ini, kontingen cabor anggar Solo meraih enam medali emas. Meski begitu, capaian enam medali emas itu sudah melampaui target yang dipasang Pengkot Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Solo.

“Target kami sebenarnya hanya empat medali emas. Sekarang kami bisa meraih enam medali emas, berarti target sudah terlampaui. Tapi, target utama kami adalah mempertahankan status juara umum seperti yang diraih pada Poprov Jateng edisi 2009 di Solo dan 2013 di Banyumas. Sekarang kami bisa meraih hattrick juara umum di tiga edisi Porprov Jateng,” jelas Ketua Pengkot Ikasi Solo Nuruddin saat ditemui Solopos.com di Graha Soloraya, Rabu (24/10/2018).

Enam medali emas dari cabor anggar itu dipersembahkan Sutrisni (degen tunggal putri), Yusuf Aprilian (floret tunggal putra), Agustin Dwi Damayanti (sabel tunggal putri), Yulian M. Adhitama (sabel tunggal putra), Sutrisni dkk. (sabel tim putri) dan Yusuf Aprilian dkk. (degen tim putra). Pada partai terakhir, Rabu, kontingen anggar Solo hanya mampu mendulang tiga medali perak dari nomor degen beregu putri, floret beregu putra dan sabel beregu putra.

“Kami sebetulnya ingin menyapu bersih semua nomor. Namun, sekarang ini persaingan cabor anggar sangat ketat. Semua daerah di Jateng sudah banyak yang maju. Bahkan, mereka tidak kalah bersaing dengan atlet yang pernah membela Indonesia di ajang Asian Games sekalipun,” ucap Nuruddin.