Catat Tanggalnya! Kejurnas Panjat Tebing Digelar di Solo

Aries Susanti Rahayu. (Instagram/aries_susanti)
23 November 2018 08:25 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Kota Solo terpilih sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional Panjat Tebing (KNPT) XVII 2018 pada Selasa (27/11/2018) hingga Minggu (2/12/2018).

Kompetisi panjat tebing tertinggi di bawah naungan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) itu sedianya digelar di Palu. Namun, Palu dianggap belum siap menjadi tuan rumah pascadiguncang gempa bumi pada 28 September 2018 lalu. Pengurus Pusat (PP) FPTI akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Kota Solo sebagai tuan rumah KNPT XVII 2018 untuk menggantikan Palu.

"Bisa dibilang Solo jadi tuan rumah dadakan. Tapi tidak apa-apa. Sebagai tuan rumah kami sudah mempersiapkan diri dengan baik. Apa saja yang dibutuhkan sudah kami siapkan. Jadi tinggal menunggu hari H saja," papar Ketua Harian FPTI Solo Heri Kurniawan yang lebih akrab disapa Aan kepada Solopos.com, Kamis (22/11/2018).

KNPT XVII ini akan diikuti atlet perwakilan dari 26 provinsi di Indonesia. Terdapat empat atlet penjat tebing Kota Solo yang tergabung di Kontingen Jawa Tengah. Mereka adalah Alfian M. Fajri, M. Marsudin, Sutrisno dan Indahwati. Alfian M. Fajri merupakan atlet andalan Indonesia peraih medali perak di Asian Games 2018 lalu.

Belum lama ini, Alfian meraih gelar juara speed world record pada Asian Championship 2018 di Kurayoshi, Prefecture Tottori, Jepang. Sementara Marsudin, Sutrisno dan Indahwati merupakan atlet andalan Jateng di PON 2016. Ketiga atlet itu belakangan terjun di Porprov Jateng 2018 mewakili Kontingen Kota Solo.

"Ada sekitar 21 nomor yang dipertandingkan dengan kategori lead, bouldering, speed dan combined. Semua atlet diharapkan sudah tiba di Kota Solo minimal pada H-1," jelas Aan.

Sejumlah atlet panjat tebing nasional seperti Aries Susanti Rahayu, Pengeran Septo Wibowo, Aspar Jaelolo, M. Hinayah dan lain-lain dijadwalkan ambil bagian di KNPT XVII ini. Kejurnas panjat tebing ini sekaligus menjadi ajang seleksi atlet yang akan turun di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.