Jelang Pergantian Tahun, Duo Minions Amankan Peringkat Pertama Dunia

Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon merebut gelar juara dalam turnamen Hong Kong Terbuka 2018. - Dok.PBSI
01 Januari 2019 00:25 WIB Stefanus Arief Setiaji Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA — Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo belum tergeser dari peringkat satu dunia di penghujung 2018. Meski, pasangan berjuluk Duo Minions itu gagal berprestasi di BWF World Tour Finals 2018.

Berdasarkan data Badminton World Federation (BWF), Senin (31/12/2018), Marcus/Kevin mengantongi 104.483 poin. Mereka mengungguli pasangan asal China, Li Junhui/Liu Yuchen. Li/Liu harus puas berada di peringkat kedua dengan koleksi 86.145 poin.

Selain pasangan Marcus/Kevin, Indonesia juga menempatkan dua pasangan ganda putra lain dalam peringkat 10 besar BWF. Di peringkat ketujuh terdapat pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Sedangkan pasangan senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menempati peringkat kesembilan.

Di sektor tunggal putra, Antony Sinisuka Ginting masih mampu bertahan di posisi ketujuh dunia. Sementara itu, Tommy Sugiarto ada di peringkat kesembilan. Kedua tunggal putra Indonesia ini masih tertinggal dari pemain Jepang Kento Momota yang menduduki peringkat pertama.

Adapun di sektor tunggal putri, pemain Indonesia belum ada yang bisa menembus posisi 10 besar dunia. Di sektor ganda putri, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu konsisten menempati peringkat keempat dunia. Di nomor ganda campuran, pasangan Indonesia yang masuk posisi 10 besar dunia yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang ada di posisi keempat dunia.