Pukul KO Lawan, Floyd Mayweather Jr Raup Rp129 Miliar dalam 140 Detik

Floyd Mayweather Jr dan Tenshin Nasukawa (Reuters/Kyodo)
01 Januari 2019 22:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SAITAMA - Laga Floyd Mayweather Jr melawan kickboxer asal Jepang, Tenshin Nasukawa, agaknya tak lebih dari sekadar upaya menambah pundi-pundi sang juara dunia. Alih-alih menghadirkan pertarungan menghibur, duel ekshibisi yang digelar di Saitama Super Arena, Jepang, Senin (31/12/2018) waktu setempat, ini berlangsung antiklimaks setelah Nasukawa roboh di ronde pertama.

Kekalahan kickboxer berusia 20 tahun itu sebenarnya sudah diprediksi sejak awal. Ini karena Nasukawa “dipaksa” melakoni laga dengan aturan tinju selama tiga ronde. Masing-masing ronde ditentukan tiga menit. Nasukawa dengan kecepatan yang dimiliki sebenarnya diharapkan bisa memberi kesulitan pada Mayweather. Faktanya Mayweather hanya butuh satu menit untuk membuat Nasukawa tersungkur lewat pukulan tangan kanan.

Nasukawa yang memiliki berat sembilan kilogram di bawah petinju Amerika Serikat itu masih bisa bernapas setelah mampu bangkit dalam hitungan kedelapan. Sayang tinju kanan The Money, julukan Mayweather, lagi-lagi membuat sang kickboxer tergeletak di kanvas. Nasukawa kembali bisa berdiri saat hitungan kedelapan.

Namun petinju 41 tahun itu masih terlalu kuat meski dia dikabarkan asyik berpesta sebelum laga sehingga telat naik ring tiga jam. Tim Nasukawa akhirnya melempar handuk setelah Nasukawa kembali tumbang saat ronde pertama masih menyisakan 40 detik. Nasukawa terlihat menangis saat dinyatakan kalah KO.

Dilansir Independent, Mayweather dikabarkan mendapat bayaran sebesar US$ 9 juta (setara Rp129 miliar) atau US$ 1 juta (Rp14,3 miliar) per menit untuk pertarungan itu. Kubu Mayweather sempat melakukan pembatalan sebelum duel ini resmi terselanggara. Ini karena Rizin Fighting Federation selaku promotor awalnya menganggap duel Mayweather Jr. dengan Nasukawa adalah pertarungan resmi. Mayweather sendiri hanya ingin bertarung dalam laga ekshibisi selama sembilan menit.

Seusai kemenangan itu, Mayweather Jr. mengaku senang dengan hiburan yang ada. Ia berterima kasih kepada Tenshin Nasukawa dan menyebut kickboxer asal Chiba itu tetap tidak terkalahkan. Tenshin menyandang status juara Rise Kickboxing dengan rekor sempurna 27-0 saat menantang Mayweather.

“Ini hanya hiburan, Ten tetap tak terkalahkan, saya tak terkalahkan. Saya melakukan ini untuk menghibur fans. Saya katakan 'kenapa tidak?'. Saya tetap pensiun, tetap [menang] 50-0, Tenshin adalah juara sebenarnya,” ujar Mayweather yang pada Agustus 2017 sempat memukul KO bintang MMA, Conor McGregor.

Sementara itu, Nasukawa mengaku tak menyesal meski baru saja kalah telak dari The Money. “Dia kelas satu. Itu adalah tantangan yang saya perjuangkan dan saya ceroboh, tapi saya tak menyesalinya. Saya pergi bertarung dengan keberanian,” ujarnya dilansir Boxing Scene.