Mental Leclerc Bakal Diuji di Ferrari

Charles Leclerc (Twitter/Charles Leclerc)
05 Januari 2019 09:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, MODENA — Rising star tim Ferrari, Charles Leclerc, diyakini bakal mendapat ujian mental dalam musim perdananya bersama Tim Kuda Jingkrak. Jika sukses melalui ujian tersebut, Leclerc diyakini bakal berhasil bersama tim sekelas Ferrari.

Pembalap asal Monako itu memang mendapat “jalur cepat” setelah bergabung dengan Ferrari meski baru mengenyam satu musim di Formula 1 (F1) bersama Sauber tahun lalu. Penampilan impresifnya di Sauber dengan meraup 39 poin di musim perdana agaknya sudah cukup bagi Ferrari untuk menjatuhkan pilihan pada pembalap 21 tahun itu.

Eks driver Ferrari, Rubens Barrichello, menilai Leclerc adalah satu dari sedikit pembalap muda yang mampu naik ke jenjang F1 secara impresif. Sebelum menapaki balap jet darat pada 2018, Leclerc merebut dua gelar juara umum secara beruntun yakni GP3 (2016) dan Formula 2 (2017). Pembalap yang mengantongi 11 kemenangan di F1 ini mengaku sangat antusias menunggu aksi Leclerc bersama Skuat Maranello.

“Untuk bisa sukses di Ferrari, satu-satunya hal yang diperlukan adalah mentalitas yang baik. Soal talenta, kita semua tahu dia sudah memilikinya,” ujar Barrichello seperti dilansir Motorsport, Jumat (4/1/2019).

Bagi sejumlah pihak, performa apik Leclerc sejak diumumkan sebagai pembalap Ferrari, September 2018, menjadi indikasi sang pembalap mampu melaju konstan di bawah tekanan. Sejak itu Leclerc berhasil menuai poin di lima dari tujuh balapan terakhir di musim 2018. Dia bahkan mampu finis di posisi ketujuh tiga kali beruntun di tiga balapan pamungkas yakni di GP Meksiko, GP Brasil dan GP Abu Dhabi. Pujian pun datang dari mantan bos Ferrari yang kini Direktur Olahraga F1, Ross Brawn.

“Leclerc benar-benar impresif, tapi dia akan mendapat tekanan berat di Ferrari. Namun dari yang saya lihat sejauh ini, saya memprediksi dia akan baik-baik saja,” ujarnya.