Dia Layak Disebut Ratu Gulat, Pensiun dengan Segudang Gelar

Saori Yoshida dipanggul pelatihnya. REUTERS/Suhaib Salem
08 Januari 2019 23:30 WIB Tri Wiharto Sport Share :

Solopos.com, TOKYO—Pegulat putri andalan Jepang, Saori Yoshida, memutuskan pensiun dari cabang olahraga tersebut, Selasa (8/1/2019).

Yoshida pensiun di usia 36 tahun. Dia adalah peraih tiga titel di Olimpiade gulat. Yoshida juga peraih perak Olimpiade Rio, Brasil pada 2016. Yoshida tercatat sebagai pegulat putri tersukses dengan 13 gelar juara dunia. Kali terakhir Yoshida meraih juara dunia di Las Vegas, AS, untuk kelas 53 kg.

Keputusan pensiun tersebut diumumkan Yoshida lewat akun Twitter-nya. "Saya telah memutuskan untuk mengakhiri 33 tahun kiprah saya sebagai pegulat,” ucap Yoshida dikutip dari Reuters. "Terima kasih untuk semua dukungan Anda.”

Yoshida mendominasi di kelasnya sejak untuk kali pertama dia terjun di ajang kejuaraan dunia pada 2002 hingga akhirnya dia dikalahkan pegulat AS, Helen Maroulis, di final Olimpiade Rio.

Keputusannya pensiun menjelang Olimpiade Tokyo 2020 tentu saja mengejutkan para penggemarnya di Twitter. "Sungguh sayang sekali, sebenarnya aku sudah tak sabar untuk melihatmu berlaga di Tokyo 2020," ucap salah satu pengikut akun Twitter Yoshida.