Gelar Kompetisi Taekwondo, PMS Solo Targetkan 1.500 Peserta

Ilustrasi silat (Solopos/Whisnupaksa)
10 Januari 2019 14:55 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) bakal menyelenggarakan kompetisi taekwondo bertajuk PMS Open 2019 pada Sabtu-Minggu (19-20/1/2019). Panitia menargetkan dapat menjaring 1.500 peserta pada event yang bakal digelar di GOR Sritex Arena Solo tersebut.

Peserta bisa datang dari pengurus cabang (pengcab) maupun dojang di seluruh Indonesia. Panitia optimistis event tersebut bakal diikuti minimal perwakilan lima provinsi di Indonesia.

Panitia menyiapkan tiga kategori utama yaitu prestasi, pemula, dan festival. Pertandingan untuk kategori prestasi dibagi dalam dua kelas yaitu senior dan junior. Kelas senior mempertandingkan 16 kelas, delapan putra dan delapan putri. Sedangkan kelas junior mempertandingkan 20 kelas, 10 putra dan 10 putri.

Pada kategori pemula, panitia menyiapkan 20 kelas, 10 putra dan 10 putri. Sementara pada kategori festival, panitia masih menunggu peserta yang mendaftarkan diri. “Festival ini diperuntukkan bagi pemula yang baru kali pertama bertanding. Kami membatasi jumlah pesertanya dengan mempertimbangkan tinggi serta berat badan atlet agar pertandingan bisa fair,” ungkap Ketua II Bidang Pemuda dan Olahraga PMS, Tanu Kismanto, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (9/1/2019).

Lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Jawa Tengah itu menjelaskan panitia menyiapkan empat lapangan di GOR Sritex Arena. Ia optimistis, dengan waktu penyelenggaraan dua hari, kompetisi akan berjalan lancar.

Lebih lanjut, pihaknya menyiapkan door prize berupa satu unit sepeda motor. Seluruh peserta akan mendapat nomor undian sehingga semuanya berkesempatan mendapatkan hadiah menarik tersebut.

“Kami menyadari banyak orang tua yang memfasilitasi anak-anak mereka latihan dan bertanding. Mereka tentu banyak berkorban. Kami berharap door prize bisa membuat mereka bahagia,” tutur pelatih utama tekwondo Dojang PMS tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Kota Solo, Donny Susanto, 39, mengatakan Pengcab Solo telah melakukan seleksi untuk mengikuti PMS Open 2019. Pihaknya telah memilih 74 atlet untuk bertanding pada event awal tahun tersebut.

“Kami menargetkan Pengcab Solo bisa meraih 10 medali emas,” kata dia.