Meski Juara Bertahan, Federer & Wozniacki Bukan Unggulan Pertama

Caroline Wozniacki di Melbourne Park, Australia, Kamis (10 - 1). REUTERS/Kim Kyung Hoong
11 Januari 2019 06:35 WIB Tri Wiharto Sport Share :

Solopos.com, MELBOURNE—Juara bertahan Australian Open dua tahun berturut-turut, Roger Federer, akan memulai perjuangannya mencetak hattrick juara dengan menghadapi petenis nonunggulan asal Uzbekistan, Denis Istomin, Senin (14/1/2019).

Hasil undian yang dilakukan, Kamis (10/1/2019), membuat juara Australian Open enam kali asal Swiss tersebut berpeluang bertemu dengan Marin Cilic (Kroasia) di perempat final.

Federer yang menempati unggulan ketiga di Australian Open 2019 akan bertarung demi mencatatkan rekor sebagai petenis putra peraih 21 gelar grand slam dan berupaya meraih kemenangan ke-100 di turnamen ATP. Di sisi lain, Istomin hanyalah petenis berperingkat 99 dunia.

"Saya selalu mencoba untuk mengingatkan diri saya bahwa ini adalah mimpi,” ucap Federer dikutip Reuters.
"Saya terkejut dengan kenyataan saya masih berada di level ini, dan saya masih berada di 10 besar [dunia],” lanjut Federer.

Sementara itu, unggulan pertama tunggal putra, Novak Djokovic, masih menunggu lawan di babak pertama. Sedangkan unggulan kedua, Rafael Nadal, berada di jalur bawah dan jika skenario berjalan lancar dia akan menghadapi Djokovic di final.

Namun sebelum hal itu terwujud, Nadal harus melewati jalan panjang salah satunya berhadapan dengan petenis lokal Australia, James Duckworth, di babak pertama.

Di sektor tunggal putri, juara bertahan asal Denmark, Caroline Wozniacki, yang pada 2017 menumbangkan Simona Halep di final, akan berhadapan dengan petenis asal Jerman, A. Van Uytvanck. Meski sebagai juara bertahan, Wozniacki hanya menempati unggulan ketiga di Australian Open kali ini.

Unggulan pertama ditempati Simona Halep asal Rumania sedangkan unggulan kedua ditempati petenis Jerman, Angelique Kerber. "Saya tidak percaya ini sudah setahun, " ucap Wozniacki saat drawing. "Akhirnya untuk bisa mendapatkan [gelar] di sini sangat istimewa, itu adalah hal yang membahagiakan."

Sementara itu, Serena Williams yang sedang berburu gelar grand slam ke-24 akan menghadapi petenis peringkat 71 dunia asal Jerman, Tatjana Maria. Berdasarkan peringkat WTA, Serena berada di urutan ke-16 pada 23 Desember 2018.