Australian Open 2019: Setelah 25 Tahun, Jepang Kembali Tempatkan Petenis Putri di Semifinal

Naomi Osaka REUTERS/Aly Song
23 Januari 2019 16:45 WIB Tri Wiharto Sport Share :

Solopos.com, MELBOURNE—Juara US Open 2018, Naomi Osaka, tampil menggila untuk memastikan meraih tiket semifinal Grand Slam Australian Open 2019.

Petenis putri asal Jepang tersebut menghabisi petenis asal Ukraina, Elina Svitolina, dengan skor telak, 6-4 dan 6-1, dalam laga perempat final di Melbourne, Australia, Rabu (23/1/2019).

Ini adalah semifinal pertama Osaka di Australian Open selama melakoni karier profesionalnya. Osaka juga menjadi petenis putri Jepang pertama yang lolos ke empat besar di Melbourne Park sejak Kimiko Date melakukannya pada 1994.

Petenis berusia 21 tahun tersebut selanjutnya akan menghadapi Karolina Pliskova untuk memperebutkan tiket final.

Pliskova (7) ke semifinal setelah mengandaskan perlawanan petenis Amerika Serikat (AS), Serena Williams (16), dengan skor 6-4, 4-6, dan 7-5 pada laga Rabu. Keberhasilan Pliskova ini sekaligus memupus skenario ulangan final US Open 2018 antara Osaka versus Serena.

Sementara itu, Osaka menjadi petenis dengan unggulan tertinggi yang masih bertahan di semifinal. Osaka adalah unggulan keempat di Australian Open 2019.

Dalam laga perempat final, Osaka hanya butuh waktu satu jam 12 menit untuk menang. "Saya pernah menghadapinya [Pliskova] dua kali. Dia sungguh pemain yang ulet,” kata Osaka seusai laga seperti dikutip Reuters.

"Saya hampir tak bisa membaca arah servisnya, jadi sangat sulit bagi saya.”

Osaka juga menyatakan Pliskova selalu terlihat sangat tenang di lapangan. Sesuatu yang selalu ingin Osaka tiru. "Bagi saya, hari ini, saya telah mewujudkan satu tujuan. Saya tak bermain bagus di dua babak sebelumnya, tapi saya bermain bagus hari ini,” ucap Osaka.