Hanya Modal 9 Karateka, UNS Gondol 5 Medali di Kejurnas Jogja

Trio karateka UNS yang tampil di kategori kata beregu putra menunjukkan medali emas di Kejurnas UIN Suka Cup ke/XI di UIN Sunan Kalijaga, Jogja, 25 Januari. UIN SUKA CUP XI (Istimewa)
03 Februari 2019 17:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, JOGJA — Tim Karate Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mampu merebut lima medali dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) UIN Suka Cup ke-XI yang berlangsung di UIN Sunan Kalijaga (Suka), Jogja, 24-25 Januari 2019 lalu. Adapun kejuaraan itu memunculkan Garuda Karate Jepara sebagai juara umum diikuti Forki Solo (juara II) dan UIN Suka serta Inkai DIY (juara III).

Informasi yang dihimpun Espos, UNS yang mengirimkan sembilan atletnya berhasil membawa pulang lima medali yakni satu emas, satu perak dan tiga perunggu di ajang yang diikuti 46 kontingen se-Indonesia itu. Medali emas berasal dari kategori kata beregu putra yang beranggotakan Cukat Ainun Jiwo, Bayu Kusuma Jati dan Yogi Pranata.

Sementara medali perak diperoleh dari kategori kumite -78 kg U-21 putra oleh Yogi Pranata. Sedangkan perunggu diraih dari kategori kumite senior -68 putri oleh Bayu Kusuma Jati dan kategori kumite -53 kg U-21 putri oleh Ristie Yuni Astuti.

Penanggung jawab atlet UNS dalam kejuaraan, Ratih Astari, mengatakan kontingen UNS telah memberikan penampilan terbaik di turnamen edisi kali ini lewat torehan lima medali meski hanya memboyong sembilan anggota. Menurut Ratih, persiapan para atlet cukup matang sehingga dapat meraih prestasi lumayan.

“Saat laga relatif tak ada kendala karena kami sudah mempersiapkan diri dengan baik,” ujar Ratih kepada Solopos.com, Sabtu (2/2/2019).

Meski demikian Ratih berharap kontingen karate UNS tak berpuas diri dengan hasil dari kejurnas Jogja. Dia menyebut tim sudah harus menatap ajang Semar Cup XI yang akan digelar di UNS, 8-10 Maret. Semar Cup adalah kejuaraan karate antarmahasiswa yang rutin digelar Inkai UNS. “Sebagai tuan rumah, prestasi tim mestinya bisa lebih baik lagi,” ujar Ratih.