3 Atlet Solo Tampil di Kejuaraan Taekwondo Internasional

Ketua Taekwondo Indonesia (TI) Kota Solo Donny Susanto (tiga dari kanan) mmengantarkan tiga atlet dan dua pelatih yang akan berangkat ke Thailand di Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, Rabu (6 - 2). (Istimewa)
07 Februari 2019 23:25 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Pengurus Taekwondo Indonesia (TI) Kota Solo mengirimkan tiga taekwondoin bersama dua pelatih ke Thailand untuk mengikuti kejuaraan taekwondo bertaraf internasional yang digelar pada Sabtu (9/2/2019). Namun, mereka tak mematok target medali dalam ajang bertajuk 7th Kukkiwon Cup International Choi Young Seok Taekwondo Championship 2019 tersebut.

Kejuaraan tersebut bakal digelar di Bangkok Thonburi University selama sehari pada Sabtu. Tiga taekwondoin yang berangkat adalah Alvin Anindra Putra (SMAN 7 Solo), Muh. Basith Danan Jaya (SMPN 9 Solo) dan Samuel Kurniawan Jati (SMP Regina Pacis Ursulin). Mereka didampingi dua orang pelatih yaitu Brilian Noktiluca Prilliko dan Shadam Putra Eskada.

Ketua TI Kota Solo Donny Susanto mengantar keberangkatan kontingen Solo tersebut pada Rabu sore. Mereka memulai perjalanan udara ke Negeri Gajah Putih melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. “Ini baru kali pertama kami mengirim kontingen ke luar negeri. Jadi memang belum ada target,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (7/2/2019) siang.

Penelusuran Solopos.com di situs tkstkdsoft.com, jumlah peserta yang teregistrasi adalah 1.385 orang. Sebanyak 1.178 atlet bertanding pada kategori kyurogi atau pertarungan dan sisanya bertanding pada kategori pomsae atau seni.

Jumlah tim yang telah mendaftar adalah 93 tim. Kontingen asal Kota Solo tergabung dalam kontingen Pugnator Indonesia bersama 10 atlet lainnya. Total atlet Pugnator Indonesia adalah 13 orang.

Donny menjelaskan, ketiga atlet asal Solo akan bertanding dalam kategori kyorugi. Pihaknya telah menggembleng atlet terkait selama sebulan terakhir melalui dojang masing-masing yaitu Dojang SMPN 9 Solo, Dojang Satria Muda dan Dojang SKB.

Lebih lanjut, ketiganya dipilih karena mereka telah menunjukkan prestasi di beberapa kompetisi. Selain itu, Pengurus TI Kota Solo berkejaran dengan waktu untuk menentukan atlet yang layak dan mampu untuk berangkat ke Thailand,

“Kami mohon doa dari segenap warga Solo. Kalau mereka membawa medali, medali tersebut juga akan menjadi kebanggaan Kota Solo,” ungkap dia.