Moto GP Indonesia Digelar di NTB, Begini Konsep Sirkuitnya

Konsep Sirkuit Mandalika (Motorsportlives.com)
22 Februari 2019 15:55 WIB Newswire Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Indonesia dipastikan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP musim 2021. Balapan di Indonesia itu akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kepastian Indonesia menggelar Moto GP itu dikonfirmasi Direktur Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer. Namun, Indonesia tak akan menggelar Moto GP di Sirkuit Sentul atau Sirkuit di Palembang seperti isu-isu sebelumnya. Melainkan bakal digelar di NTB.

Dikutip dari Okezone, Jumat (22/2/2019), rencananya pembangunan Sirkuit Mandalika ini akan dimulai pada Oktober 2019 mendatang. Sirkuit tersebut akan dibangun menggunakan konsep sirkuit jalanan dengan panjang lintasan 4,32 km. Pada tata letaknya, sirkuit tersebut akan menampilkan 18 tikungan yang telah disetujui pihak Komisi Keselamatan FIM yakni Franco Uncini.

Selain itu berbagai fasilitas kelas dunia akan dibangun untuk mendukung kemegahan Sirkuit Mandalika. Begitu pun dengan stand penonton yang dibuat akan temporary untuk menampung 20.000 orang. Salah satu perusahaan asal Prancis yakni Vinci Contruction Grands Projects akan mengambil alih pembangunan Sirkuit Mandalika tersebut.

Selain itu, ITDC juga telah menerima dana dari Asian Infrastructur Investment Bank (AIIB) untuk mendanai pembangunan itu. Keberadaan sirkuit ini pun diharapkan bisa mendongkrak pariwisata Indonesia untuk menonton Moto GP di Mandalika.

Kabar mengenai kepastian Indonesia menggelar Moto GP sendiri sejatinya belum diumumkan resmi oleh Dorna Sports selaku penyelenggara. Namun Abdulbar mengonfirmasi bahwa kontrak perjanjian dengan Dorna telah ditandatangani pada 29 Januari 2019 di Madrid, Spanyol.