Kejuaraan Tapak Suci: 260 Atlet Cilik Adu Jurus di Kartasura Open

Para atlet cilik pencak silat bertarung dalam Kejuaraan Tapak Suci Kartasura Open I di Gedung PKP Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (23/2 - 2019). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)
24 Februari 2019 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 260 atlet usia sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) di Soloraya bertanding dalam kejuaraan tapak suci bertajuk Kartasura Open I di Gedung PKP Kartasura, Sukoharjo, Sabtu-Minggu (23-24/5/2019). Ajang yang dihelat Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pimda 185 Kartasura ini bakal menyajikan 230 pertandingan dan memperebutkan 172 medali kejuaraan.

Kelas tanding di Kartasura Open dibagi menjadi dua kategori yakni usia dini kecil (kelas I-III) dan usia dini besar (kelas IV-VI). Setiap kategori mempertandingkan 22 kelas yang menyesuaikan berat badan (putra-putri). Kartasura Open sendiri merupakan ajang perdana Tapak Suci Kartasura untuk merespons tingginya animo anak muda dan anak-anak terhadap pencak silat.

“Meski baru pertama digelar, animo masyarakat ternyata sangat tinggi. Peserta tak hanya datang dari Soloraya, tadi ada kontingen dari Pati,” ujar Ketua Panitia Kartasura Open I, Fajar Syamsudin, kepada Espos di sela kejuaraan, Sabtu malam.

Pada Sabtu, turnamen mempertandingkan babak penyisihan dan perempat final. Adapun semifinal perebutan medali bakal dihelat pada hari pamungkas, Minggu. Fajar mengatakan Kartasura Open I tak hanya menjadi ajang meraih prestasi, melainkan juga silaturahmi antarsesama anggota Muhammadiyah. Menurut Fajar, Tapak Suci kini sudah sangat berkembang menyusul banyaknya prestasi yang diraih oleh atletnya.

“Di Asian Games kemarin atlet Tapak Suci menyumbang dua medali emas. Bagi kami, Tapak Suci tak sekadar beladiri tapi juga untuk membentuk karakter berbakti pada orangtua dan tertib beribadah,” ujarnya.