Fernando Alonso Jadi Tester Mobil F1 McLaren

Fernando Alonso (Reuters)
28 Februari 2019 15:25 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, LOSAIL - Fernando Alonso memang tak lagi menjadi pembalap McLaren untuk berlaga di ajang Formula One (F1) 2019. Namun, pembalap asal Spanyol itu tetap tak akan jauh dari mantan timnya tersebut.

Ya, Alonso tercatat tetap masuk dalam tim McLaren. Dia ditugasi untuk mengetes mobil Formula 1 2019 McLaren. Alonso dikonfirmasi menjadi duta resmi tim asal Woking, Inggris tersebut. Selain itu, ia tetap tergabung dalam keluarga McLaren dan tahun ini dipastikan bakal berkompetisi di Indianapolis 500.

Alonso memutuskan tak ikut membalap di F1 pada musim 2019 setelah lama berkutat dengan mobil McLaren yang kurang kompetitif. Selama berkarier bersama McLaren, Alonso meraih dua kali juara GP Monako. Tahun lalu, ia mengangkat trofi juara ajang balap Le Mans 24 Jam. Alonso hanya membutuhkan gelar juara Indy 500 untuk menyandang titel peraih 'Triple Crown'.

Peraih dua kali juara dunia itu dikonfirmasi akan ikut berpartisipasi pada beberapa sesi tes untuk mendukung pengembangan MCL34 dan MCL35 di 2020. "Seperti yang sudah saya katakan sebelum saya memutuskan berhenti membalap di Formula 1, saya masih akan bersama McLaren untuk waktu yang lama. Saya senang dengan peran baru ini, karena ini berarti saya masih bisa dekat dengan tim yang telah menjadi rumah spiritual bagi saya," papar Alonso dilansir dari motorsport.com, Rabu.

"Tentu kami masih ada balapan Indianapolis 500 pada Mei nanti, yang sangat saya nanti-nantikan. Tapi ini hanyalah awal dari kegiatan yang bisa kami lakukan bersama," imbuhnya.

Ia mengaku memiliki antusiasme tinggi dalam mengembangkan talenta muda di McLaren. Ia ingin mengembangkan potensi para pembalap muda tersebut. "Ini penting bagi kami dan saya sendiri, jadi ini menjadi hal yang sangat bernilai dalam peran baru saya," terangnya.

CEO McLaren Racing, Zak Brown, menyatakan sosok seperti Fernando Alonso adalah hal yang sangat bernilai di dalam timnya. Menurutnya, pengalaman sang pembalap menjadi hal yang sangat penting.

"Wawasan dan perspektif dia akan disambut positif oleh para pembalap dan teknisi kami. Sementara karakter dia akan sangat menarik bagi para mitra dan fans kami," jelasnya.