Disepelekan Lawan di Acapulco, Nadal Mencoba Bijak

Rafael Nadal (Reuters/Danielle Parhizkaran)
01 Maret 2019 10:35 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, ACAPULCO — Rafael Nadal benar-benar dibuat geram saat menghadapi petenis Australia, Nick Kyrgios, dalam babak 16 besar Mexican Open di Fairmont Acapulco Princess, Kamis (28/2/2019). Tak hanya gigit jari setelah keok dengan skor tipis 6-3, 6-7, 6-7, mantan petenis nomor satu dunia itu harus mendapat perlakuan tak mengenakkan saat pertandingan.

Kyrgios beberapa kali kedapatan tak mengeluarkan upaya yang seharusnya ketika berebut poin dengan Nadal. Dia bahkan sempat melakukan underarm serve (servis bawah lengan) saat tengah di atas angin di set kedua. Servis ini amat jarang dilakukan di turnamen resmi lantaran mengisyaratkan sikap kurang respek pada lawan. Sejak insiden itu, Kyrgios kerap menjadi sasaran cibiran penonton yang memenuhi venue pertandingan.

Ulah petenis 23 tahun ini kian menjadi setelah dia menunjukkan gestur agar penonton tutup mulut setelah kejadian itu. Saat memastikan kemenangan atas Nadal, Kyrgios giliran menutup kupingnya sebagai simbol tak peduli dengan ejekan penonton. Aksi kontroversialnya berlanjut di ruang ganti saat dia mengatakan kemenangannya atas Nadal sudah bisa diprediksi pada petenis muda Inggris, Cameron Norrie.

Perangai ini pun memicu respons Nadal. Menurut petenis Spanyol tersebut, Kyrgios kurang menunjukkan sikap respek sebagai seorang olahragawan. Padahal, dia menilai Kyrgios adalah pemain dengan talenta besar meski kini masih berada di peringkat 72 dunia.

“Dia bisa memenangi grand slams atau bertarung untuk ranking satu dunia. Sayang dia tak punya respek pada penonton, lawannya dan yang utama, dirinya sendiri,” tutur Nadal seperti dilansir Express, Kamis.

Sementara itu, Kyrgios tampak tak peduli dengan kritikan yang dialamatkan padanya. Petenis yang kini memiliki rekor pertemuan 3-3 melawan Nadal itu menyebut orang lain tak tahu menahu tentang dirinya.

“Saya berbeda, Rafa juga berbeda. Dia tak tahu bagaimana perjalanan yang saya lalui, dia tak tahu apa-apa tentang saya jadi saya tidak akan mendengarkan apapun darinya. Ini gaya bermain saya,” ujar Kyrgios dilansir Metro.