Jadwal Moto GP Qatar 2019 Kemungkinan Dimajukan

Balapan Moto GP (Reuters/Lisi Niesner)
01 Maret 2019 14:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, LOSAIL — Otoritas Moto GP berpotensi mengubah jadwal start GP Qatar menyusul pertimbangan keselamatan pembalap. Jadwal balapan yang sedianya digeber 10 Maret 2019 pukul 20.00 waktu setempat bakal dimajukan menjadi pukul 19.00 waktu setempat seperti tahun lalu.

Berbeda dari balapan lain, GP Qatar yang digelar pada malam hari berdampak pada rendahnya temperatur trek sekaligus peningkatan kelembapan lintasan. Hal ini riskan membuat rider terjatuh saat menggeber motor dengan kecepatan maksimal. Pada awal penyelenggaraan, GP Qatar di Sirkuit Losail sempat dihelat pada pukul 21.00 waktu setempat.

Namun terjadi perubahan jadwal setelah musim 2017 karena race selalu nyaris dibatalkan karena hujan. Salah satu pembalap yang vokal mendorong perubahan jadwal GP Qatar adalah Jorge Lorenzo. Dorna selaku penyelenggara Moto GP membenarkan jadwal start GP Qatar berpeluang dimajukan.

“Saya sudah bicara dengan Jorge dan pembalap lain. Saat ini tidak ada yang diputuskan. Namun jika itu untuk meningkatkan keselamatan para pembalap, kami akan melakukannya,” ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, seperti dilansir Motorsport, Kamis (28/2/2019).

Jika start balapan di Losail dimajukan, hal ini bakal berimbas pada jadwal Moto 3 dan Moto 2 Qatar yang masing-masing mulai pukul 16.00 dan 17.00 waktu setempat. Di Losail, matahari terbenam berlangsung sekitar pukul 17.40 waktu setempat. Pembalap Honda, Jorge Lorenzo, mengatakan balapan akan sangat berisiko jika dipaksakan dimulai pukul 20.00 ke atas.

“Saya pernah mengalami kecelakaan pada malam hari karena suhu trek turun drastis. Kelembapan tinggi, sangat dingin, banyak pembalap terjatuh,” ujar pembalap 31 tahun itu.