Tes Pramusim F1: Red Bull Masih Setingkat di Bawah Ferrari

Pierre Gasly (Reuters/Albert Gea)
01 Maret 2019 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, BARCELONA — Sirkuit Catalunya, Barcelona, tak bosan memakan korban dalam tes pramusim jelang Formula 1 (F1) 2019. Setelah Sebastian Vettel mengalami kecelakaan pada tes hari kedua, kini giliran Pierre Gasly yang harus “mencium” dinding pembatas pada tes hari ketiga, Kamis (28/2/2019) malam WIB.

Pembalap Red Bull itu tengah mengetes kompon yang lebih keras ketika mengalami kecelakaan di Tikungan Campsa pada lap ke-66. Saking kerasnya tabrakan, sayap depan dan sayap belakang Red Bull RB 15 terlepas seusai menabrak dinding pembatas. Beruntung Gasly dinyatakan baik-baik saja meski sempat mengunjungi pusat medis.

Namun demikian, insiden itu memaksa program tes Gasly harus berakhir lebih cepat. Gasly akhirnya harus puas berada di peringkat keempat pada tes hari ketiga dengan catatan waktu terbaik 1 menit 17,091 detik. Torehannya tersebut berjarak hampir sedetik dengan pembalap tercepat yakni Charles Leclerc. Pembalap gres Ferrari itu membukukan waktu 1 menit 16,231 detik.

Seusai sesi tes, Gasly mengungkapkan bahwa catatan waktu Leclerc hampir mustahil dijangkau pembalap lain. “Ferrari sangat cepat. Kami harus bekerja keras karena mereka [Ferrari] benar-benar terlihat cepat. Mereka adalah pemimpin saat ini,” ujar Gasly seperti dilansir Motorsport, Jumat (1/3/2019).

Sementara itu, Mercedes lagi-lagi belum menunjukkan performa yang sebenarnya hingga tes hari ketiga. Juara bertahan, Lewis Hamilton, bahkan hanya berada di peringkat ke-10 dengan catatan waktu 1 menit 18,097 detik. Rekannya, Valtteri Bottas, lebih parah. Pembalap Finlandia itu harus menjadi juru kunci dalam sesi tes tersebut dengan torehan waktu terbaik 1 menit 18,862 detik dari 97 lap.