Inkai UNS Solo Gelar Kejuaraan Karate, Wasit Luar Negeri Dilibatkan

Ketua Panitia Sebelas Maret Cup (SMC) XI, Rizki Mica Saputra, (kanan) dan panitia lainnya menggelar jumpa pers di Student Center Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (7/3 - 2019). (Solopos/Ivan Andimuhtarom)
08 Maret 2019 00:25 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Karate-do Indonesia (Inkai) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bakal menggelar kejuaraan karate terbuka tingkat mahasiswa di GOR Sritex Arena Solo, Jumat-Minggu (8-10/3/2019). Kejuaraan tersebut diikuti 55 kontingen dengan jumlah peserta lebih dari 320 atlet karate.

Kejuaraan karate bertajuk Sebelas Maret Cup (SMC) tersebut adalah event kali ke-11 yang merupakan lanjutan dari Sebelas Maret Cup X. SMC telah diselenggarakan selama 20 tahun terakhir setiap dua tahun sekali.

Kontingen yang berlaga memperebutkan Piala Bergilir Menristekdikti. Piala tersebut kali terakhir dipegang oleh juara umum SMC X yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Para peserta adalah para mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Indonesia. Terdapat lima negara yang turut ambil bagian dalam SMC XI yaitu Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Timor Leste.

Jumlah kontingen dan peserta SMC XI memang lebih sedikit dibanding SMC sebelumnya. Pada Sebelas Maret Cup 2017 atau perhelatan ke-10, terdapat 58 kontingen dari berbagai universitas di Indonesia dan manca yang berpartisipasi. Jumlah peserta saat itu adalah 380 karateka. Namun, panitia menyatakan terdapat peningkatan kualitas kejuaaraan pada tahun ini.

“Untuk meningkatkan mutu dari pertandingan karate yang diselenggarakan, SMC XI mengundang wasit dari luar negeri. Dengan adanya wasit dari luar negeri, diharapkan pertandingan yang ada lebih baik lagi dan juga ini merupakan salah satu daya tarik untuk para atlet dalam maupun luar negri supaya berminat untuk bergabung dan mengikuti kejuaraan karate SMC XI,” tutur ketua panitia acara, Rizki Mica Saputra, 21, saat jumpa pers, Kamis (7/3/2019).

Dia mengatakan ajang ini mempertandingakn 17 kelas. Kelas tersebut terbagi menjadi dua kategori besar yaitu kelas seni (kata) dan kelas tanding (kumite). Selain itu, di antara 17 kelas diperlombakan pula kelas Best of The Best Male dan Best of The Best Female sebagai puncak kejuaraan.

“Kejuaraan ini merupakan sarana pengembangan prestasi dan sebagai tolak ukur untuk menilai perkembangan teknik karate di kancah Internasional, khususnya di kalangan mahasiswa,” ujarnya.

Sebelas Maret Cup XI pada tahun ini mengambil tema Brave to Break the Limit. Tema tersebut menjadi semangat supaya para karateka mampu melampaui batas-batas yang dimiliki sehingga mampu menjadi lebih baik lagi. Sebelas Maret Cup XI juga akan dimeriahkan dengan penampilan para bintang tamu pada pembukaan acara. Beberapa bintang tamu yang akan hadir antara lain adalah Kemlaka, Rowdra, Voca Erudita, All Star, Nuansa, dan penampilan Dinas Kebudayaan Kota Solo.