Bertemu Bos Dorna, Jokowi Yakinkan Indonesia Siap Gelar MotoGP

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta (kiri) saat pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3 - 2019). Pertemuan Presiden dengan CEO Dorna Sport, Dirut Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan sejumlah pebalap tim Honda tersebut di antaranya untuk membahas kesiapan dan rencana Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2021di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. (Antara/Puspa Perwitasari)
11 Maret 2019 22:00 WIB Amanda Kusumawardhani Sport Share :

Solopos.com, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakinkan pemerintah siap melengkapi infrastruktur untuk menyongsong penyelenggaraan MotoGP pada 2021 di kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Presiden Jokowi mengatakan kunjungan CEO Dorna Sport SL, Carmelo Ezpeleta, hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa Pemerintah Indonesia siap dalam menyiapkan infrastruktur di Mandalika.

"Saya sampaikan kita siap. Asian Games yang mendatangkan atlet dari 35 negara] saja kita siap mengorganisasi kok. Kita harus optimis, harus optimis," katanya di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019).

Dari pertemuan tersebut, Jokowi mengungkapkan pihaknya sudah bertanya kepada Carmelo mengenai kebutuhan infrastruktur untuk menunjang penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Infrastruktur yang dimaksud di antaranya pelabuhan, bandara, hotel, convention center, rumah sakit, hingga jalan dasar.

"Nanti akan saya rapatkan, baru kita tindak lanjut. Karena sebenarnya infrastruktur juga kita butuhkan untuk diri kita sendiri. Ini hanya digeser ke arah pengembangan Mandalika karena memang Mandalika sudah kita putuskan sebagai 1 dari 10 destinasi wisata Indonesia selain Bali," tambahnya.

Sementara itu, CEO Dorna Sport SL Carmelo Ezpeleta mengungkapkan Mandalika merupakan lokasi yang sempurna bagi penyelenggaraan Moto GP. "Saya tidak bisa mendeskripsikannya. Sangat fantastis bagi semua keluarga Moto GP. Kita terbiasa berdiskusi dengan negara-negara lokasi penyelenggaraan Moto GP. Negara tuan rumah akan mendapatkan dampak ekonomi dari penyelenggaraan Moto GP," tambahnya.

Sumber : Bisnis/JIBI