Djokovic & Osaka Bernasib Sama di Indian Wells

Belinda Bencic menumbangkan Naomi Osaka di Indian Wells, Rabu (13/3 - 2019) WIB. (Reuters/Jayne Kamin/Oncea/USA Today Sports)
14 Maret 2019 01:30 WIB Tri Wiharto Sport Share :

Solopos.com, INDIAN WELLS—Petenis tunggal putra peringkat satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic, masih belum percaya telah disingkirkan petenis nonunggulan di ajang BNP Paribas Open 2019.

Djokovic belum menemukan penjelasan terbaik atas kekalahan tersebut. Meski demikian, Djokovic tak mau larut dalam penyesalan dengan menyebut ingin cepat melupakan kekalahan dan membuka halaman baru dalam kariernya.

Djokovic baru saja disingkirkan petenis asal Jerman, Philipp Kohlschreiber, di babak 32 besar BNP Paribas Open 2019 yang digelar di Indian Wells, Amerika Serikat (AS), Rabu (13/3/2019) pagi WIB. Kohlschreiber, 35, menjungkalkan unggulan teratas yang juga peraih lima trofi di Indian Wells tersebut dengan skor 6-4, 6-4.

“Jujur, saya tidak bisa menikmati kekalahan itu, tak seorang pun yang bisa melakukannya [menikmati kekalahan], tetapi terutama di turnamen seperti ini, turnamen di mana saya telah banyak mencapai sukses di masa lalu,” ujar Djokovic seusai pertandingan dikutip Reuters.

“Saya rasa saya dalam kondisi baik. Saya berlatih dengan baik. Tapi itu terjadi begitu saja, pada suatu hari. Anda hanya harus menghadapinya, kemudian menuju halaman berikutnya. "

Turnamen di Indian Wells merupakan penampilan perdana Djokovic setelah meraih trofi kali ketujuh Grand Slam Australian Open pada Januari lalu. Djokovic menegaskan ingin segera melupakan kekalahan tersebut dan bersiap menghadapi Miami Open pekan depan.

"Miami adalah turnamen selanjutnya yang memberi harapan bagi saya. Saya sedang tak berada di level tertinggi, saya tahu itu, namun mudah-mudahan saya bisa mencapai puncak [juara] di Miami,” tegas Djokovic.

Sementara itu, Philipp Kohlschreiber langsung mengepalkan tinju ke udara sesaat setelah berhasil menumbangkan Djokovic.

"Ini momen yang sangat spesial. Tentu saja, bertanding melawan pemain top dunia selalu menyenangkan, namun kebanyakan dari mereka pasti mengalahkan Anda,” ucap Kohlschreiber dalam wawancara di lapangan.

"Hari ini [Rabu], dengan posisi Novak di peringkat pertama dunia, unggulan pertama, ini kemenangan yang sangat luar biasa bagi saya.”

Meski demikian, Kohlschreiber tak akan berlama-lama dalam perayaan kemenangan. Selepas mengalahkan Djokovic, dia sudah ditunggu salah satu unggulan lain asal Prancis, Gael Monfils.

Kekalahan Djokovic terjadi pada hari yang sama dengan tersingkirnya tunggal putri, Naomi Osaka, di babak 16 besar. Petenis peringkat pertama dunia asal Jepang dan unggulan pertama di turnamen tersebut tumbang di tangan unggulan ke-21 asal Swiss, Belinda Bencic, dengan skor 3-6, 1-6. Harapan Osaka mempertahankan gelar pun sirna.

Ini adalah kekalahan kedua berturut-turut yang dalam dua turnamen yang diikuti Osaka setelah menjuara Australian Open 2019, Januari lalu.