Buru Gelar Juara F1, Vettel Berharap Tak Ada Perlakuan Khusus

Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel (kedua dari kanan), menghadiri jumpa pers di Melbourne, Australia, Kamis (14/3 - 2019). (Reuters/Edgar Su)
15 Maret 2019 03:37 WIB Tri Wiharto Sport Share :

Solopos.com, MELBOURNE—Sebastian Vettel menegaskan rekan satu timnya di Ferrari, Charles Leclerc, bebas bersaing sejak seri awal Formula One (F1) musim ini. Vettel juga menolak anggapan bahwa perjuangannya dalam meraih titel juara dunia kali kelima harus diutamakan.

Anggapan tersebut muncul karena Leclerc adalah pembalap baru di Ferrari dan seperti yang pernah terjadi, pembalap kedua mereka harus “memberi jalan” bagi pembalap pertama.

Bos baru Tim Ferrari, Mattia Binotto, pada awal tahun ini menyatakan Vettel akan diberi prioritas lebih dari Leclerc dalam situasi balapan tertentu. Meski demikian Binotto buru-buru mengklarifikasi pernyataannya bahwa kedua pembalap Ferrari bebas bertarung.

Vettel yang sedang dalam misi meraih titel juara kali ketiga beruntun di seri pembuka berharap tidak ada perlakuan khusus kepadanya. "Saya pikir itu sangat jelas, dan saya pikir Mattia juga membuatnya sangat jelas, kami bebas bersaing," ujar Vettel kepada wartawan di Albert Park, Australia, Kamis (14/3/2019), seperti dikutip Reuters.

"Saya pikir Charles akan melakukan yang terbaik untuk membantu dirinya sendiri, untuk membantu tim dan itu sama bagi saya, saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu diri saya sendiri dan tim,” lanjut Vettel.

“Pada akhirnya kami berlomba untuk Ferrari dan itu berarti kami akan mencoba untuk menempatkan kembali Ferrari di tempat seharusnya mereka berada. Itu adalah prioritas utama, ini musim yang sangat panjang dan saya rasa sedikit tidak berguna pada situasi seperti ini mulai menunjukkan skenario tertentu."

Monegasque Leclerc, yang musim lalu membela Sauber, menjadi pengganti Kimi Raikkonen, mantan juara asal Finlandia yang sekarang berada di tim Alfa Romeo. Leclerc mengatakan Binotto juga menegaskan kepadanya bahwa dia akan bebas bersaing dengan Vettel, meskipun pembalap Jerman tersebut akan diberikan prioritas dalam situasi balapan tertentu.

Leclerc yang kini berusia 21 tahun tersebut menolak menjelaskan situasi tertentu bagaimana yang akan berlaku.