Nadal Mundur, Federer Lolos ke Final Paribas Open 2019

Roger Federer (Reuters/Andrew Boyers)
17 Maret 2019 21:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, INDIAN WELLS — Duel dahsyat antara Rafael Nadal melawan Roger Federer di semifinal BNP Paribas Open 2019 urung terjadi. Nadal mengundurkan diri setelah mengalami cedera pada lutut kanan saat membekuk petenis muda Rusia, Karen Khachanov, di perempatfinal. Padahal, itu sedianya menjadi laga perdana Nadal melawan Federer setelah tak bertemu sejak 2017.

Nadal sebenarnya sempat berlatih selama 15 menit jelang laga semifinal yang digelar di Indian Wells, Minggu (17/3/2019). Namun setelah berdiskusi dengan timnya selama 10 menit, petenis Spanyol itu memutuskan mundur dari turnamen Indian Wells. Tak hanya itu, Nadal juga memutuskan mundur dari Miami Open 2019 yang digelar 18-31 Maret.

“Saya ingin berusaha sebaik mungkin dalam berkompetisi. Namun sebelum pemanasan, lutut saya tidak cukup kuat untuk mencapai level permainan yang saya butuhkan,” ujar Nadal seperti dilansir Tennis, Minggu.

Petenis 32 tahun ini mengaku cukup berat menerima cedera yang silih berganti menderanya. Cedera Nadal di Indian Wells memang menjadi kemunduran pahit baginya yang berambisi memperkecil jarak dengan Novak Djokovic sebagai petenis ranking satu saat ini.

Nadal kemungkinan baru comeback ke lapangan tenis di turnamen Monte Carlo pertengahan April. “Saya harus tetap berpikir positif dan bersyukur atas semua hal yang telah tenis berikan pada saya,” ujar peraih 17 gelar grand slam itu.

Sementara itu Federer tampak kecewa harus lolos tanpa bertanding melawan rivalnya. Selama ini Federer memang masih inferior ketika ketimbang Nadal dengan rekor 15-23, meski petenis Swiss itu memenangi lima pertemuan terakhir. “Saya tentu bersemangat untuk menjadi peserta final, tapi tidak dengan cara seperti ini,” ujar Federer.

Federer bakal brhadapan dengan petenis Austria, Dominic Thiem, pada final, Senin (18/3/2019) pagi WIB, untuk mencari gelar keenam di Indian Wells. Thiem sendiri lolos ke laga puncak setelah mengalahkan jagoan Kanada, Milos Raonic, 7-6, 6-7, 6-4.