Bianca Andreescu, Petenis Wild Card Pertama Juara di Indian Wells

Bianca Andreescu (Reuters/Jayne Kamin Oncea)
19 Maret 2019 14:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, INDIAN WELLS - Bianca Andreescu langsung melempar raketnya begitu backhand Angelique Kerber tersangkut di net. Dia menjatuhkan diri di atas lapangan, tak peduli dengan panasnya matahari dan permukaan lapangan yang menyengat tubuh. 

Yang dia lakukan hanya telentang sembari menutup wajahnya dengan tangan. Petenis 18 tahun itu kemudian mencium lapangan Indian Wells. Perempuan kelahiran Ontario, Kanada, itu baru saja membuat sejarah besar di ajang BNP Paribas Open 2019. 

Kemenangannya di partai final melawan Kerber yang berstatus unggulan delapan dengan skor 6-4, 3-6, 6-4, Senin (18/3), menjadikan Andreescu sebagai petenis wild card pertama yang menjuarai Indian Wells. Tak hanya itu, dia menjadi petenis termuda sejak Serena Williams yang berusia 17 tahun meraih gelar serupa tahun 1999. 

“Ini mimpi yang menjadi kenyataan,” ujar Andreescu seperti dilansir WTA Tennis, Senin.

Perjalanan Andreescu di Indian Wells memang bak kisah Cinderella. Berjuang dari babak kualifikasi, dia sukses menyingkirkan petenis ternama seperti Wang Qiang, Dominika Cibulkova, Garbine Muguruza, Elina Svitolina hingga puncaknya Angelique Kerber untuk meraih trofi pertama WTA sepanjang kariernya. Deretan petenis yang dibekuk Andreescu itu masuk daftar 20 favorit dunia. 

“Semoga momen ini menjadi inspirasi besar bagi banyak atlet muda,” ujarnya.

Keberhasilan Andreescu membuat peringkatnya melompat dari posisi 60 ke posisi 24 dunia per 18 Maret. Setelah ini, sang primadona baru ingin mengikuti jejak petenis nomor satu dunia, Naomi Osaka, yang menjuarai Indian Wells tahun lalu sebelum menyabet gelar juara US Open dan Australia Open. “Berikutnya Grand Slam,” ujarnya yakin.

Kesuksesan Andreescu disambut meraih di Kanada dan Rumania, negeri asal orangtuanya. Ucapan selamat untuknya membanjir di media sosial. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, termasuk yang bercuit soal petenis muda ini. “Dari wild card menjadi juara Indian Wells, Bianca Andreescu telah mencetak sejarah. Selamat.” 

Legenda senam Rumania, Nadia Comaneci, juga ikut gembira dengan gelar Andreescu. “Seorang bintang telah lahir, selamat Andreescu, kamu sungguh petarung,” cuitnya di akun twitter.

Kerber pun tak segan melontarkan pujian terhadap permainan Andreescu. “Dia memainkan seluruh turnamen dengan baik, dia pantas menang,” ujar mantan petenis ranking satu dunia itu.