Miami Open 2019: Victoria Azarenka Angkat Koper

Victoria Azarenka (Reuters/Geoff Burke)
22 Maret 2019 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, MIAMI — Mantan petenis nomor satu dunia, Victoria Azarenka, angkat koper lebih dini dari Miami Open 2019 setelah ditumbangkan petenis Prancis, Caroline Garcia, di babak kedua turnamen, Jumat (22/3/2019). Garcia menang mudah 6-3, 6-4 atas Azarenka yang berpredikat peraih tiga gelar Miami Open.

Garcia yang berstatus unggulan 19 di turnamen mengaku tak menyangka bisa menundukkan Vika, panggilan Azarenka, hanya dalam waktu 96 menit. Hasil itu melanjutkan rekor tak pernah kalah Garcia dari Vika menjadi 2-0, sekaligus mengantarkannya menembus babak ketiga Miami Open untuk kali ketiga sepanjang kariernya. Di babak ketiga, Garcia bakal menghadapi unggulan 15 asal Jerman, Julia Goerges, yang di laga lain menumbangkan Magdalena Rybarikova.

“Mungkin dia [Azarenka] tak bermain seperti saat dia menjadi nomor satu, tapi dia tetap petenis luar biasa. Saya melihat pertandingannya melawan Serena Williams di Indian Wells [final 2016], itu laga yang amat impresif dari keduanya,” ujar Garcia seperti dilansir WTA Tennis, Jumat.

Azarenka memang menunjukkan permainan kurang meyakinkan sejak babak pertama Miami Open. Peraih dua gelar grand slam itu harus menang susah payah atas Dominika Cibulkova dalam laga tiga set selama dua jam 31 menit. Bagi Azarenka, kekalahannya di babak awal Miami Open kian menambah berat langkahnya untuk kembali ke jajaran petenis elit.

Petenis Belarusia itu belum pernah menjuarai satu titel pun setelah meraih Sunshine Double (istilah untuk juara Indian Wells dan Miami Open secara berurutan) pada 2016. Saat itu Vika sedang dalam puncak karier dengan menumbangkan Svetlana Kuznetsova di final Miami Open setelah membekuk Serena Williams di BNP Paribas Open di Indian Wells. Hingga kini hanya ada dua petenis putri selain Azarenka yang mampu meraih Sunshine Double yakni Steffi Graf dan Kim Clijsters.

Sementara itu, petenis 18 tahun asal Kanada, Bianca Andreescu, menjaga asa meraih Sunshine Double setelah menghentikan perlawanan Irina Camelia Begu dengan skor 4-6, 7-6, 6-2. Juara Indian Wells 2019 ini bakal menghadapi petenis Amerika Serikat, Sofia Kenin, di babak selanjutnya, Sabtu (23/3) dini hari WIB.