India Open 2019: Harapan Juara Indonesia di Ganda Campuran

Hafiz Faizal - Gloria Emanuelle Widjaja (Badmintonindonesia.org)
28 Maret 2019 15:55 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, NEW DELHI — India Open 2019 diyakini menjadi ajang yang tepat bagi ganda campuran Indonesia untuk mulai menunjukkan sinarnya musim ini. Tak seperti tunggal putra dan ganda putra yang banyak menurunkan pemain pelapis, Indonesia memang menurunkan andalan mereka di sektor ganda campuran.

Ada lima pasangan ganda campuran yang turun di turnamen New Delhi, tiga di antaranya merupakan pasangan papan atas yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva serta Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow.

Peluang Indonesia menggondol gelar di sektor tersebut makin besar menyusul absennya dua ganda campuran top dunia yakni Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Tiongkok) dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) di New Delhi. Kesempatan merebut gelar kian terbuka lantaran juara bertahan Mathias Christiansen/Christinna Pedersen, tak lagi bersama sejak Swiss Open dua pekan lalu.

Sejauh ini ganda campuran Merah Putih masih di jalur yang tepat untuk merebut gelar menyusul kepastian Tontowi/Winny lolos ke babak 16 besar, dilansir Tournament Software, Rabu (27/3/2019). Pasangan ranking 64 dunia ini tak perlu bersusah payah untuk melangkah ke babak selanjutnya lantaran lawan mereka, Shivam Sharma/Poorvisha S. Ram (India), memutuskan mundur jelang laga dimulai di Siri Fort Indoor Stadium, Rabu.

Hal ini tentu menguntungkan bagi Owi/Winny karena mereka bisa menyimpan tenaga lebih saat tampil di perdelapan final melawan pasangan Tiongkok, Liu Kai/Cheng Lu. Sementara itu, Ricky Karanda Suwardi/Pia Zebadiah juga memastikan tiket ke babak 16 besar setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Utkarsh Arora/Karishma Wadkar, lewat straight game, 21-15, 21-14.

Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria juga sukses memetik kemenangan. Praveen/Melati menang setelah lawan mereka, Parinyawat Thongnuam/Kittipak Dubthuk, mundur karena cedera. Sedangkan Hafiz/Gloria menundukkan Raju Mohamed Rehan/J Anees Kowsar dengan skor 21-10 dan 21-10.