Juara Miami Open 2019, Ini Kunci Kesuksesan Ashleigh Barty

Ashleigh Barty (Reuters/Steve Mitchell)
31 Maret 2019 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sport Share :

Solopos.com, MIAMI - Sensasi Ashleigh Barty di Miami Open mencapai klimaks. Petenis asal Australia tersebut menundukkan unggulan kelima, Karolina Pliskova, pada partai final untuk meraih gelar juara gelar juara paling prestisius dalam kariernya.

Barty meredam perlawanan Pliskova dengan straight set 7-6(1), 6-3 , Minggu (31/3/2019) pagi WIB. Petenis berusia 22 tahun itu mendominasi tie-break pada set pertama. Dia lantas mematahkan servis keras Pliskova saat membuka set kedua. Akhirnya, Barty menuntaskan duel babak pamungkas ini setelah mengembalikan forehand panjang Pliskova.

Barty tampaknya mampu memanfaatkan faktor kelelahan Pliskova yang sehari sebelumnya bermain sengit untuk menyingkirkan petenis nomor satu dunia, Simona Halep, di semifinal. Secara fisik, Barty memang terlihat lebih siap menghadapi babak final ini. Dia mengakui kunci kesuksesannya menjuarai Miami Open karena memperpanjang waktu pemanasannya di Florida Selatan.

"Sangat penting untuk berusaha mempersiapkan fisik," jelas Barty, seperti dilansir Reuters.

Barty merupakan petenis putri pertama asal Australia yang mampu menembus ranking 10 besar dunia sejak 2013. Ini merupakan gelar Miami Open pertama dalam kariernya. Dia berhak menerima hadiah berupa cek senilai US$1,3 juta (Rp18,5 miliar).

Pliskova mengakui kondisi fisik yang tak stabil membuatnya menderita di babak final. Meski begitu, dia legawa memberi ucapan selamat kepada Barty. "Saya ingin membuatnya menjadi cepat karena saya sangat lelah dan setelah mengarungi laga-laga yang panjang selama dua pekan. Selamat kepada Ashleigh. Dia menjalani pekan yang hebat, semua laga ketat dan khususnya hari ini, saya pikir dia akan terus meningkat dengan permainan bagus di tenis," ungkap Pliskova.