286 Atlet Terima SK CPNS Kemenpora, Termasuk Liliyana Natsir!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Liliyana Natsir menyampaikan keterangan pers seusai berpamitan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/1 - 2019). (Antara/Puspa Perwitasari)
02 April 2019 16:55 WIB Ginanjar Saputra Sport Share :

Solopos.com, JAKARTA — Mantan atlet bulu tangkis, Liliyana Natsir, bersama 285 atlet berprestasi lain resmi ditetapkan sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS). Liliyana dan 285 atlet berprestasi itu menerima surat keputusan (SK) CPNS dari Kemenpora di Audiotorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, tak lupa memberi ucapan selamat kepada para atlet yang telah menerima SK CPNS. "Selamat datang di rumah yang akan kalian huni. Tempat dan kantor yang saatnya menjadi pemeran utama termasuk para senior untuk memastikan cita-cita bangsa kita kelola. Selamat datang di Gerbang Pemuda 3 Senayan, tempat di mana pernah memberikan kabar bahagia buat Indonesia," kata Imam seperti dikutip Detik.com.

Imam berharap para atlet berprestasi akan tetap disiplin setelah ditetapkan sebagai CPNS. "Selamat datang di pengabdian baru, mungkin berbeda dari pelatnas, tapi dari kecepatan, ketepatan, kedisiplinan, itu sama. Karenanya, saya tak ragu ketika Bapak Presiden memberikan apresiasi ini," lanjutnya.

"Saya juga bangga kepada KemenPAN RB, BKN, dan seluruh Kementerian Lembaga. Mulai saat ini, saudaraku sedikit berbeda. Kalau kemarin bebas melakukan apa saja maka sekarang ada prinsip yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang kalian sudah jadi CPNS makanya prasyarat itu harus dipenuhi, harus netral, dan tidak berpihak, tapi berpihak pada keadilan. Menjadi PNS harus bisa mengayomi segenap seluruh bangsa," tandas Imam Nahrowi.

Tak lupa sang menpora berharap [ara atlet berprestasi yang telah mendapatkan SK CPNS bisa menerapkan prestasi mereka sebagai CPNS Kemenpora. "Ide besar dan cita-cita besar kepada atlet yang belum terwujud jadikan dalam bentuk kebijakan. Makanya ketika saudara semua bertugas di masing-masing deputi lakukan dengan baik. Untuk deputi jadikan partner dan jangan membeda-bedakan. Karena mereka sudah membuktikan bisa sama," imbuh menteri asal Bangkalan tersebut.

"Karenanya. jangan berkecil tapi harus optimistis seperti kita masuk gelanggang untuk berprestasi," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan dengan pemberian SK CPNS maka atlet secara otomatis sudah menjadi pegawai fungsional, terutama di Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora.

"Tapi mereka tak harus pergi ke kantor. Mereka bisa kembali ke pelatnasnya masing-masing untuk latihan lagi. Mereka juga sudah mendapat gaji tapi baru 80 persen mulai 1 Maret," jelasnya.

CPNS memang menjadi salah satu penghargaan yang diberikan pemerintah atas prestasi para atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa. Baik dari SEA Games dan ASEAN Para Games 2017, Asian Games dan Asian Para Games 2018, hingga Olimpiade serta Paralimpiade.

Sejak 2018 lalu, Kemenpora telah melangsungkan tes CPNS bagi ratusan atlet baik ujian Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) hingga wawancara. Dari 286 atlet yang mendapatkan SK CPNS, ada 240 atlet yang hadir di acara tersebut lantaran ada yang tengah tampil dalam turnamen sesuai cabang olahraganya masing-masing.

Sumber : detik.com