9 Taekwondoin Solo Ditarget Emas di Popda Jateng Tingkat SMA

Ilustrasi taekwondo (Solopos/Whisnupaksa)
16 April 2019 14:55 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Kontingen taekwondo kategori SMA Kota Solo yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Daerah (Popda) Provinsi Jawa Tengah ditarget mampu meraih sembilan emas. Target itu dinilai sebagai target realistis melihat prestasi yang pernah ditorehkan para atlet di berbagai kejuaraan sebelumnya.

Popda Provinsi Jateng 2019 tersebut bakal digelar di SMAN 2 Semarang pada 23-25 April 2019 mendatang. Kontingen Solo yang berangkat ke Semarang berjumlah sembilan orang.

Pada ajang Popda Jateng kategori SMP Senin-Kamis (18-21/3/2019) lalu, taekwondoin (atlet taekwondo) Kota Solo meraih hasil menggembirakan. Sembilan taekwondoin yang dikirim ke Semarang berhasil menjadi juara umum II dengan mengoleksi empat medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

Kontingen Solo hanya kalah tipis dari Kota Semarang yang mengoleksi lima medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Namun, hasil gemilang tersebut ternyata tidak sejalan dengan dukungan dari Pemkot Solo.

Di kategori SMA, Pengurus Taekwondo Indonesia (TI) Solo optimistis sembilan atlet yang turun seluruhnya mampu meraih emas. Ketua TI Solo, Donny Susanto, mengatakan sembilan atlet tersebut memang atlet lapis pertama yang dimiliki Solo. Menurutnya, beberapa atlet sudah menjadi juara di kelas masing-masing pada beberapa event kejuaraan taekwondo.

“Kami harus optimistis karena anak-anak sudah berlatih secara maksimal. Saya percaya mereka mampu mewujudkan target tersebut,” ujar Donny saat dihubungi Solopos.com, Senin (15/4/2019).

Ia menjelaskan para atlet sudah mengikuti pemusatan latihan sejak beberapa pekan lalu. Metode sejenis sebelumnya sudah dilakukan pada atlet SMP. “Kami tetap berusaha memberikan pelatihan sehingga saat pelaksanaan kejuaraan di Popda Provinsi Jateng, mereka sudah siap untuk bertarung semuanya,” kata dia.