Amir Khan Kalah TKO, Karena Pukulan ke Area Terlarang?

Amir Khan Vs Terence Crawford (Reuters/Andrew Couldridge)
21 April 2019 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, NEW YORK — Amir Khan harus menyerah dari Terence Crawford setelah tak mampu melanjutkan pertandingan dalam perebutan gelar juara tinju kelas welter WBO di Madison Square Garden, New York, Minggu (21/4/2019). Wasit David Fields memutuskan kemenangan TKO untuk Crawford setelah petinju asal Inggris itu mengerang kesakitan di ronde keenam.

Dilansir Bad Left Hook, Minggu, Khan mengaku kecewa dengan keputusan wasit yang memberikan kemenangan bagi lawannya. Petinju 32 tahun ini mengklaim bersikukuh tidak ingin menyerah dalam pertarungan tersebut setelah menerima pukulan di area terlarang di bawah perut atau dikenal dengan istilah low blow dalam tinju.

Saat itu, keputusan wasit menghentikan duel tak lepas dari permintaan pelatih Khan, Virgil Hunter. “Saya tidak akan pernah menyerah. Saya lebih baik mendapat KO. Selama ini saya mengalami KO karena terus mencoba [bertarung],” ujar Khan.

Mendengar hal tersebut, Crawford yang baru saja mempertahankan gelar kelas welter WBO tidak terima. Petinju Amerika Serikat (AS) itu mengaku tidak memukul area terlarang sang lawan. Dia meminta Khan mengatakan hal yang sebenarnya.

“Dipukul di bagian kaki? Anda keluar [dari pertarungan] karena terpukul di bagian kaki?” ucap Crawford. “Di bagian kaki? Itu pukulan ke buah zakar saya!” jawab Khan lalu kemudian Crawford tertawa.

“Itu bukan low blow, Hunter tahu pertarungan ini menuju ke arah yang buruk buat Khan. Ini hanya masalah waktu. Saya kecewa pihak Khan menghentikan pertarungan dengan cara seperti ini, tapi Hunter pelatih hebat dan dia berusaha melindungi petarungnya,” sindir Crawford.

Dilansir The Guardian, wasit menganggap Crawford tidak sengaja memukul area terlarang dan telah memberi Khan lima menit untuk memulihkan diri dan melanjutkan pertarungan. Namun hingga lima menit berakhir Khan tidak mampu meneruskan duel. Terlepas insiden itu, Khan memang kewalahan menghadapi Crawford sejak awal duel.

Dia bahkan sudah jatuh dua kali di ronde pertama. Ini adalah kekalahan kelima sepanjang karier Khan atau yang keempat dengan hasil TKO. Hingga kini, Khan sudah mencatat 33 menang dan lima kali kalah.