GP Spanyol: Dominasi Mercedes Berlanjut?

Lewis Hamilton berada di balik kemudi W10, mobil baru Tim Mercedes F1, saat uji coba di Sirkuit Silverstone, Inggris, Rabu (13/2 - 2019). (Twitter/@mercedes/AMGF1)
12 Mei 2019 14:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, BARCELONA — Dominasi Mercedes dalam Formula 1 (F1) musim 2019 diyakini bakal berlanjut dalam balapan GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (12/5/2019) malam WIB. Selain faktor sejarah, tim berjuluk Silver Arrow itu selalu menjadi yang tercepat dalam tiga sesi latihan bebas pada Jumat-Sabtu (10-11/5/2019).

Valtteri Bottas menguasai sesi latihan pertama dan kedua, sedangkan Lewis Hamilton giliran merajai sesi latihan bebas ketiga pada Sabtu malam WIB. Catatan waktu Hamilton bahkan unggul setengah detik dari pembalap Ferrari, Charles Leclerc, yang berada di posisi kedua.

Capaian ini tentu menjadi modal bagi Hamilton untuk meraih kemenangan ketiga beruntun di GP Spanyol. Ya, sejak 2017 pembalap Inggris itu selalu menjadi kampiun di Catalunya. Tahun lalu duo Mercedes juga sukses merebut dua podium teratas di sirkuit sepanjang 4,655 kilometer ini.

Dominasi Mercedes di Catalunya sejatinya sudah terlihat sejak 2014. Sejak tahun itu, Mercedes hanya sekali absen mencatatkan pembalapnya sebagai juara yakni pada tahun 2016 ketika Max Verstappen naik podium utama. Itu pun terjadi lantaran Hamilton dan Nico Rosberg gagal finis.

Ferrari yang menjadi pesaing utama Mercedes musim ini tampaknya kurang bersahabat dengan Catalunya. Kali terakhir Tim Kuda Jingkrak menang di sirkuit itu pada 2013 atas nama Fernando Alonso. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengakui timnya masih kesulitan menandingi Mercedes di GP Spanyol, terutama ketika masuk tikungan-tikungan lambat. Karakter tikungan itu banyak muncul di sektor terakhir lintasan.

Vettel menilai Ferrari harus menemukan solusi problem tersebut jika ingin bersaing dengan Mercedes di GP Spanyol. “Dari sisi mesin kami senang. Namun kami harus bekerja keras untuk mencari tahu kenapa kami lebih banyak kehilangan waktu di tikungan semacam itu,” ujar Vettel.