Ferrari Salah Pilih Konsep Mobil?

Sebastian Vettel (Reuters/Albert Gea)
14 Mei 2019 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, BARCELONA — Ferrari menjalani salah satu awal musim terburuk mereka setelah gagal meraih satu pun kemenangan dalam lima balapan perdana tahun ini. Jangankan menang, tim Kuda Jingkrak bahkan belum pernah merasakan podium runner up.

Prestasi terbaik Ferrari sejauh ini adalah peringkat ketiga yang diraih Sebastian Vettel di GP Tiongkok dan GP Azerbaijan serta Charles Leclerc di GP Bahrain. Dalam GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Barcelona, akhir pekan lalu, Vettel bahkan hanya mampu finis posisi keempat sedangkan Leclerc setingkat di bawahnya.

Mereka masih kalah cepat dari pembalap Red Bull, Max Verstappen, yang berada di posisi ketiga. Spekulasi bahwa ada kesalahan dalam konsep mobil pun muncul seiring buruknya performa Ferrari di awal musim. Team principal Ferrari, Mattia Binotto, mengakui ada kemungkinan timnya telah salah dalam memilih konsep mobil tahun ini.

“Apakah ini berkaitan dengan keseimbangan atau downforce? Atau mungkin berkaitan dengan konsep mobil? Saya tidak tahu. Saya pikir saat ini kami belum memiliki jawabannya, dan saya tidak mau melewatinya,” ujar Binotto seperti dilansir Motorsport, Senin (13/5/2019).

Ketika mobil-mobil F1 2019 diperkenalkan, Mercedes dan Ferrari mengambil pendekatan yang berbeda dalam desain sayap depan mereka. Mercedes memilih solusi downforce tinggi, sedangkan Ferrari lebih fokus mengelola efek outwash serta meningkatkan efisiensi.

Skuat Maranello awalnya berharap pembaruan aerodinamika dan mesin yang dibawa di Barcelona dapat membantu meningkatkan performa untuk bersaing dengan Mercedes. Faktanya, Ferrari masih lebih lambat di semua tikungan di Sirkuit Catalunya. “Kami kehilangan banyak waktu di semua tikungan, tidak hanya sektor terakhir, kami lambat di semua tikungan,” keluh Binotto.

Ferrari diyakini mendapat masalah besar apabila kemuduran performa mereka memang akibat kesalahan konsep. Sebab butuh waktu berbulan-bulan untuk mengubah dan menguji konsep mobil baru. Meski demikian, Binotto menampik kesalahan konsep bakal menjadi bencana bagi timnya.

“Tidak akan menjadi bencana jika kita mampu melakukan peningkatan sebagai tim. Kami adalah tim muda dan masih dalam tahap belajar..”

Seri keenam F1 2019 bakal berlangsung di Sirkuit Monako, 26 Mei 2019. Musim lalu balapan di sirkuit jalanan itu dimenangi Daniel Ricciardo (Red Bull). Adapun Vettel berada di posisi kedua disusul Lewis Hamilton di podium ketiga.