Lempar Kursi, Kyrgios Didiskualifikasi di Italian Open 2019

Nick Kyrgios (Reuters/Henry Romero)
17 Mei 2019 15:55 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, ROMA - Kisah unik terjadi di ajang kompetisi tenis Italian Open, Kamis (16/5/2019). Petenis asal Australia, Nick Kyrgios didiskualifikasi dari pertandingan putaran kedua setelah melemparkan kursi keluar lapangan.

Kejadian itu terjadi saat Kyrgios berhadapan dengan petenis Norwegia Casper Ruud. Pemain berperingkat 36 dunia itu sebenarnya masih berpeluang menang. Namun, ada insiden yang membuat Kyrgios geram hingga akhirnya membuat ulah yang berujung diskualifikasi.

Insiden itu bermula setelah Ruud mematahkan servisnya menjadi 1-1 pada set penentuan, Kyrgios lantas diberi penalti pertandingan. Kyrgios terlihat mengumpat kepada hakim garis kemudian menumpahkan amarahnya. Ia melemparkan raketnya ke lantai. Kyrgios kemudian menendang botol air lalu melemparkan kursi keluar lapangan.

Wasit sempat memanggilnya ke juri. Namun, sebelum ada keputusan resmi, ia sudah berujar kepada orang banyak. "Aku sudah selesai," ucapnya seperti dikutip dari espn.com.

Ia lantas mengemas tasnya dan berjalan pergi. Sikap itu mendapat cemooh para penonton. Namun Kyrgios seakan tak peduli. Akibat tindakannya tersebut, juri sepakat mendiskualifikasinya dari turnamen.

Sikap kontroversial Kyrgios bukan kali pertama ia tunjukkan. Pemain 24 tahun itu pernah diberi larangan bertanding oleh ATP pada 2016 setelah berjalan keluar lapangan di tengah pertandingan melawan Mischa Zverev di Shanghai Masters.

Ruud sendiri dipastikan menang 6-3, 6-7, (5), 2-1 dan akan menghadapi Juan Martin del Potro di babak ketiga Italian Open 2019.