GP Prancis: Menanti Pembuktian Lorenzo!

Jorge Lorenzo (Reuters/Jon Nazca)
18 Mei 2019 00:40 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, LE MANS — Posisi Jorge Lorenzo dikabarkan dalam bahaya jelang Moto GP Prancis di Sirkuit Le Mans, MInggu (19/5/2019) malam WIB. Tim Honda yang menaungi Lorenzo musim ini disebut mulai tidak sabar dengan performa buruk sang pembalap. Hingga empat balapan awal, pembalap berjuluk X-Fuera ini tak pernah mampu menembus 10 besar.

Lorenzo bahkan sempat gagal finis dalam seri ketiga di GP Amerika Serikat. Hasil tersebut membuat Lorenzo kini terdampar di peringkat 14 klasemen dengan 11 poin, tertinggal 59 poin dari rekan setimnya yang juga pemimpin klasemen, Marc Marquez.

Honda dikabarkan telah membuat ultimatum apabila Lorenzo terus gagal memberikan penampilan terbaiknya. Pabrikan asal Jepang itu disebut tak segan untuk mendepak peraih tiga gelar Moto GP tersebut di akhir musim.

Lorenzo sendiri menampik telah mendapat peringatan dari Honda. Pembalap asal Spanyol itu menyebut dirinya masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan RC213V. “Saya tak tahu. Anda selalu mendengar rumor semacam itu apabila situasinya buruk, ketika hasilnya tidak positif,” cetus Lorenzo seperti dilansir Crash, Jumat (17/5).

Balapan di Sirkuit Le Mans akhir pekan ini mestinya dapat menjadi ajang pembuktian bahwa X-Fuera belum habis. Lorenzo hingga kini memang dijuluki Raja Le Mans setelah meraih lima kemenangan di sirkuit itu di kelas Moto GP. Tidak ada pembalap yang memenangi GP Prancis lebih sering ketimbang Lorenzo.

Masalahnya, Lorenzo gagal naik podium di dua balapan terakhirnya di Le Mans. Performa Lorenzo dalam latihan bebas I, Jumat (17/5/2019), bahkan tak meyakinkan setelah dia hanya berada di posisi 14, selisih satu detik lebih dari Fabio Quartararo sebagai pembalap tercepat.

Valentino Rossi yang justru diramalkan bakal menjadi pesaing kuat Marquez di Le Mans. Pembalap Yamaha itu memang masih penasaran setelah hanya meraih runner up di GP Argentina dan GP Amerika Serikat. Rossi sendiri cukup piawai di Le Mans dengan menjadi pembalap dengan rekor podium terbanyak yakni 13 podium dari 19 penampilannya di kelas teratas di sirkuit ini.