Marquez Mulai Temukan Ritme Kemenangan

Marc Marquez (Reuters)
20 Mei 2019 14:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, LE MANS — Marc Marquez sekali lagi menampilkan performa tanpa cela untuk memenangi balapan GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2019) malam WIB. Hasil tersebut kian istimewa karena membawa Honda memenangi balapan ke-300 sepanjang keikutsertaannya di kelas premier.

Gelar di Le Mans menjadi trofi ketiga Marquez di lima seri awal Moto GP musim ini. Capaian tersebut membuat pembalap berjuluk Baby Alien itu mulai stabil di puncak klasemen sementara dengan 95 poin, unggul delapan poin dari Andrea Dovizioso yang finis kedua di GP Prancis. 

Marquez mengaku cukup terkejut bisa menang dengan relatif mudah di Le Mans. “Normalnya sirkuit ini bagus untuk Ducati dan Yamaha. Namun kami membuktikannya [bisa menjadi yang terbaik],” ujar Marquez seperti dilansir Crash, Minggu.

Dominasi Marquez di Le Mans sudah bisa diterka saat dia menjadi yang tercepat di kualifikasi. Sang juara bertahan pun sulit terbendung di hari balapan meski sempat direcoki pembalap Pramac Ducati, Jack Miller, di awal lomba. Penampilan ngotot Miller membuat Marquez sempat melorot ke posisi kedua dan ditempel ketat Dovizioso dan Danilo Petrucci di posisi berikutnya. 

Namun Marquez sukses melepaskan diri sejak lap 11 untuk memenangi race dengan keunggulan hampir dua detik atas Dovi. Dovizioso sendiri cukup puas bisa finis runner up setelah memenangi duel melawan sesama pembalap Ducati yakni Petrucci dan Miller. 

Sejak Jumat (17/5/2019), Dovi mengaku kurang nyaman dengan motornya meski dari segi kecepatan sudah cukup baik. “Saya tidak bisa menempel Marc. Dia selalu sedikit lebih cepat dan saya tak mau mengambil risiko. Ban lunak yang saya pakai mulai aus di akhir balapan, jadi posisi dua sudah bagus,” ujar pembalap Italia tersebut.

Sementara itu, Petrucci sukses meraih podium perdana sejak dia meraih runner up di sirkuit yang sama tahun lalu. Petrucci kehilangan kesempatan menempel Marquez setelah membuat kesalahan di lap awal. 

Adapun Valentino Rossi kembali gagal mencatat performa impresif setelah hanya finis kelima di Le Mans. Namun hasil itu masih lebih baik ketimbang Maverick Vinales yang gagal finis seusai bertabrakan dengan Francesco Bagnaia di lap ketujuh. Balapan berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia, 2 Juni 2019.