9 Atlet Wushu Solo Dapat Tiket Pra-PON

Ilustrasi Wushu (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
21 Mei 2019 14:55 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Sebanyak sembilan atlet senior cabang olahraga (cabor) wushu asal Kota Solo dipastikan mendapat tiket maju dalam Kejurnas Piala Presiden di Pangkal Pinang, Bangka-Belitung pada 20-28 Juni 2019 mendatang. Kompetisi wushu aliran taolu tersebut sekaligus menjadi ajang Pra-PON Papua 2020.

Mereka mendapatkan tiket tersebut setelah sukses memukau dewan juri pada seleksi daerah (selekda) dan simulasi Wushu Taolu Kontingen Jawa Tengah di Sasana Genta Suci Ambarawa, Kabupaten Semarang pada Minggu (19/5/2019). Para atlet senior Kota Bengawan ditarget mampu menampilkan performa terbaik sehingga dapat masuk kontingen Jawa Tengah di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Pengurus Kota (Pengkot) Wushu Solo telah mendapatkan kepastian nama atlet yang terpilih. Tujuh atlet berasal dari Sasana Wushu PMS Solo dan dua lainnya dari Sasana Fuqing Purwa Aldaka. Atlet PMS adalah Ardya N.J., Jeremia V., Linggar K.S.D., Yofan, Evelyn N.A., Fayla M.S., dan Yulia Widya N. Sedangkan atlet wushu Sasana Fuqing Purwa Aldaka adalah Sherly F.W. dan Alexandra Calista Setiawan.

Yang menarik, Alexandra Calista Setiawan lolos tanpa mengikuti seleksi. Hal itu adalah hal yang wajar mengingat kesuksesannya meraih emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018. Atlet yang akrab disapa Tata itu juga meraih dua emas di ajang 1st Bali International Kungfu Championship 2018 di Nusa Dua, Bali, Desember 2018 lalu. Kini Tata mengikuti Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) di Jakarta untuk bisa memperkuat Indonesia di ajang SEA Games 2019 di Filipina.

“Keputusan pemilihan atlet untuk mewakili Jateng dilihat dari selekda dan hasil prestasi Pekan Olahraga Provinsi [Porprov] Jateng 2018 dan Kejurnas Wushu Piala Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) ke-IV 2019, Rabu-Minggu (24-28/4),” ujar Sekretaris Pengkot Wushu Solo, Hananto, saat Solopos.com, Senin (20/5/2019).

Dia menilai pemilihan atlet wushu asal Solo tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, mereka memang selama ini sering memberikan prestasi baik bagi Solo maupun sasana wushu masing-masing. Seperti dugaan, Fayla Maharani Ningtyas dan Alexandra Calista Setiawan lolos ke Bangka-Belitung. Fayla adalah atlet didikan PMS yang bersinar di Piala Rektor Unnes lalu dengan memborong  tiga medali emas dan satu perak.

“Para atlet tetap menjalankan latihan rutin sesuai porsi karena ini masih Bulan Puasa. Setelah Lebaran, baru ditambah jam latihan sekaligus mengisi waktu libur sekolah,” kata dia. Lebih lanjut, tiga atlet junior juga berhak mendapat tiket melaju ke Kejurnas Piala Presiden di Bangka-Belitung. Ketiganya adalah para atlet binaan Sasana Wushu PMS yaitu Alfi, Rosa, dan Naufal.