Gabung Honda, Lorenzo: Ini Tantangan Sulit

Jorge Lorenzo (Reuters/Jon Nazca)
28 Mei 2019 14:55 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, SOLO - Jorge Lorenzo belum menunjukkan performa apik bersama Repsol Honda di Moto GP 2019 ini. Dia menyebut bergabung dengan Honda adalah sebuah tantangan tang sulit. Meski begitu, dia menolak menyerah.

Karier Lorenzo memang meredup sejak meninggalkan Yamaha. Awalnya, dia bergabung dengan Ducati. Selama dua musim bersama pabrikan asal Italia tersebut, Lorenzo gagal bersinar dan tak bisa bersaing di jalur juara.

Dia lantas memutuskan untuk pindah ke Honda pada awal musim ini. Bersama Honda, dia berharap bisa kembali bersaing dalam perebutan gelar juara dunia seperti saat masih membela Yamaha. Namun nyatanya, Lorenzo masih sulit bersaing di papan atas.

Dari lima seri yang sudah dilaksanakan di Moto GP 2019, pembalap berjuluk X-Fuera itu belum mampu finis di posisi 10 besar. Pencapaian terbaiknya adalah finis ke-11 di Moto GP Prancis.

"Aku sedang menghadapi sebuah tantangan sulit. Biasanya aku menyukai tantangan-tantangan itu, tapi hanya ketika aku akhirnya bisa mengatasinya. Kalau tidak akan jadi sulit. Itulah hidup. Seperti roller coaster, tapi keindahannya adalah tidak ada yang berlangsung selamanya," kata Lorenzo di GP One, Selasa (28/5/2019).

"Kami sudah berbicara dan aku bilang kepada mereka bahwa ini akan menjadi sebuah tantangan yang lama karena Honda bukanlah motor yang secara alami cocok dengan gaya membalapku," sambung dia.

"Aku mengalami berbagai cedera. Aku harus melewatkan tes-tes di Sepang. Semuanya menyulitkanku untuk bersaing dengan pembalap terbaik. Aku memang harus menghadapi momen ini dengan sabar dan tahu bahwa setiap kemajuan bak seperti sebuah kemenangan karena akan mendekatkanku dengan yang terbaik."

Meski belum menunjukkan performa apik, Lorenzo mengaku belum menyerah. Pembalap 32 tahun itu optimistis bisa berprestasi lagi bersama Honda. Akhir pekan ini, dia dan pembalap lainnya akan bertarung di GP Italia di Sirkuit Mugello.

"Tidak akan pernah [menyerah]. Aku punya dua tahun kontrak kuharap bahwa langkah-langkah kecil itu, yang sudah pasti akan ku ambil dengan pengalaman yang lebih, akan meningkatkan motivasiku dan timku dan untuk mempercayainya, bahwa di masa depan, kami akan mampu mendapatkan hasil-hasil bagus," tandas Lorenzo.