Final NBA: Warriors Samakan Kedudukan

Golden State Warriors vs Toronto Raptors (Reuters/Kyle Terada)
03 Juni 2019 22:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, TORONTO — Draymond Green tahu betul Golden State Warriors masih dapat berkembang meski kalah 109-118 dari Toronto Raptors dalam game pertama final NBA 2019 akhir Mei lalu.

Berbekal kepercayaan diri yang datang dari dua gelar NBA beruntun sebelumnya, Warriors merasa mampu membalas kekalahan tersebut dalam game kedua final di Scotiabank Arena, Toronto, Senin (3/6/2019) WIB. “Saya tahu kami akan menang,” ujar power forward Warriors itu sebelum laga, dilansir The Guardian.

Green dan rekannya di Warriors memenuhi janjinya setelah menekuk Raptors lewat laga ketat dengan skor 109-104. Di laga tersebut, Warriors sempat ketar-ketir setelah tertinggal 12 pada kuarter kedua. Kondisi yang terdesak membuat The Royal Blue, julukan Warriors, menggila di kuarter ketiga.

Tim arahan Steve Kerr itu akhirnya berhasil memborong 34 poin pada kuarter ini, sedangkan Raptors hanya mencuri 21 poin. Warriors pun berbalik unggul di akhir kuarter ketiga dengan skor 88-80.

Masalah kembali mendera Warriors setelah Klay Thompson harus ditarik di kuarter keempat karena cedera hamstring. Padahal Thompson menjadi salah satu pemain vital Warriors di laga itu dengan torehan 25 poin. Situasi kian sulit karena Kevin Durant belum dapat dimainkan serta Kevon Looney sudah out duluan di kuarter pertama karena cedera dada.

Beruntung Stephen Curry yang sempat kehilangan akal di awal laga mampu menjaga keunggulan timnya hingga akhirnya menang 109-104. Di laga itu Curry mencetak 23 angka. “Ini kemenangan luar biasa setelah banyaknya pemain yang cedera. Saya bangga dengan tim ini,” ujar Steve Kerr seperti dilansir The Guardian, Senin.

Akurasi tembakan menjadi salah satu faktor yang membuat Raptors gagal mempertahankan keunggulan. Tuan rumah hanya memiliki persentase tembakan sukses 37,2%, sedangkan Warriors 46,3%. Guard Raptors, Kyle Lowry, mengakui timnya tak bermain terlalu baik di game ketiga. “Kami menyia-nyiakan banyak tembakan. Pertahanan kami juga buruk, ini menyakitkan,” ujar Lowry.

Bintang Raptors, Kawhi Leonard, sejatinya tetap tampil cukup apik dengan 34 poin dan 14 rebounds. Namun rekan setimnya tak cukup mendukung performa Leonard. Game ketiga akan digelar di markas Warriors di Oracle Arena, Kamis (6/6/2019) pagi WIB.