Moto GP Jerman: Rossi Pertahankan Setting-an Motor

Valentino Rossi (Reuters/Ibraheem Al Omari)
04 Juli 2019 14:55 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos,com, SACHSENRING - Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, berencana mempertahankan pengaturan motornya saat menjalani Moto GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7/2019). Padahal, dia gagal finis dengan pengaturan tersebut di GP Assen, Belanda, pekan lalu.

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, berencana mempertahankan pengaturan motornya saat menjalani Moto GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7/2019). Padahal, dia gagal finis dengan pengaturan tersebut di GP Assen, Belanda, pekan lalu.

Pengaturan motor Rossi itu merupakan sebuah terobosan anyar yang ditemukan selama sesi pemanasan hari Minggu (30/6/2019) di Assen, Belanda. Dia sebenarnya puas dengan pengaturan itu. Namun, dia justru gagal finis karena terjatuh.

Itu menjadi yang ketiga secara beruntun bagi Rossi. Akibatnya, Rossi kian tertinggal di klasemen pembalap Moto GP dengan meraih 72 angka dan bertengger di posisi kelima. Dia tertinggal 88 poin dari pemuncak klasemen, Marc Marquez.

“Ini bukan waktu yang positif bagi kami. Akhir dari balapan di Assen benar-benar memalukan karena saya merasa baik setelah pemanasan, saya cepat tetapi malah berakhir dengan nol lagi,”kata Rossi dilansir dari crash.net, Rabu (3/7/2019).

“Hal baiknya adalah bahwa sekarang kita langsung ke Sachsenring dan kita dapat segera bekerja pada akhir pekan GP lainnya.Penting untuk dipahami jika perubahan yang dilakukan untuk balapan hari Minggu lalu juga akan positif di Sachsenring akhir pekan ini. Kami akan mencoba menjadi kompetitif sejak awal pada hari Jumat [sesi kualifikasi],” tambahnya.

Rossi menjadi runner-up di belakang Marquez pada Moto GP Jerman tahun lalu. Rossi sendiri tercatat sudah menang empat kali di Sachsenring. Namun, kemenangan terakhir ia catatkan pada 2009 silam.

Di sisi lain, Rider Repsol Honda Marc Marquez berpeluang menyamai rekor Rossi. Torehan itu akan tercapai apabila Marquez mampu memenangi di Moto GP Jerman, akhir pekan nanti. 

Saat ini, Rossi memegang rekor tujuh kemenangan beruntun di satu sirkuit. Pencapaian itu dilakukan Rossi di Mugello saat juara di 2002 sampai dengan 2008. Sementara Marquez sudah menang enam kali beruntun di Sachsenring menyamai rekor Casey Stoner di Phillip Island dan Mick Doohan di Mugello.