Moto GP Jerman: Bisa Juara Lagi Marquez?

Marc Marquez merayakan kemenangannya pada seri kelima Moto GP 2019 di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5 - 2019) malam WIB. (Reuters/Gonzalo Fuentes)
07 Juli 2019 14:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SACHSENRING — Marc Marquez merebut pole position ketujuhnya secara beruntun di Sirkuit Sachsenring dalam kualifikasi GP Jerman, Sabtu (6/7/2019) malam WIB. Tak hanya itu, Marquez sukses memecahkan rekor lap-nya sendiri dengan mencatatkan waktu 1 menit 20,195 detik.

Catatan waktu tersebut lebih cepat 0,075 detik dibanding torehan terbaiknya musim lalu. Capaian ini jelas menjadi bekal positif bagi Baby Alien, julukan Marquez, demi melanjutkan dominasi dalam GP Jerman, Minggu (6/7/2019) malam WIB. Bagaimana tidak, Marquez selalu mampu menjuarai GP Jerman setelah sebelumnya meraih pole position pada enam musim terakhir.

Dominasi Marquez sudah terlihat sejak latihan bebas kedua di mana sang pembalap selalu menjadi yang tercepat. Hanya Fabio Quartararo yang mampu menandingi kecepatan Marquez di sesi latihan bebas yakni di latihan pertama. Di kualifikasi pun Quartararo hanya terpaut 0,205 detik dari Marquez sehingga berhak start dari posisi kedua.

Sementara itu, saingan terdekat Marquez di klasemen, Andrea Dovizioso, belum kunjung kembali ke performa terbaik setelah hanya berada di posisi 13 saat kualifikasi. “Saya sangat menikmati balapan disini. Namun kami harus tetap bekerja keras karena Yamaha dan Suzuki juga punya kecepatan yang bagus,” ujar Marquez seperti dilansir Crash, Sabtu.

Jika finis pertama, Baby Alien bakal mencatatkan kemenangan ketujuh beruntun di Sachsenring dalam ajang Moto GP, sekaligus memantapkan posisinya di puncak klasemen. Namun Marquez tampaknya wajib waspada pada Maverick Vinales yang mulai menemukan ritme kebangkitan.

Setelah menjuarai GP Belanda pekan lalu, pembalap Yamaha itu mampu menjaga konsistensi dengan berada di urutan ketiga kualifikasi. “Sebenarnya saya bisa melakukan lebih baik, tapi pada akhirnya saya cukup gembira. Tujuan meraih front row sudah tercapai, mari lihat apa yang terjadi besok,” ujar Vinales.

Sementara itu, Valentino Rossi kembali meraih hasil mengecewakan dengan hanya menempati posisi start 11.