Kawhi Leonard Pindah ke LA Clippers

Kawhi Leonard hendak menyarangkan bola. (Reuters/Kyle terada)
08 Juli 2019 03:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SOLO - “Pergerakan tim-tim NBA di bursa transfer kali ini seperti diiringi musik speed metal," Demikian tulis Kevin O’Connor, salah satu kolumnis The Ringer, akhir Juni lalu.

"Kevin Durant meninggalkan Golden State Warriors untuk bergabung bersama Kyre Irving di Brooklyn. Boston menggantikan Irving dengan Kemba Walker, tetapi harus kehilangan Al Horford yang merapat ke Sixers. Ada banyak pergerakan lain. Banyak sekali. Tetapi ada satu bintang yang masih menciptakan teka-teki besar: Kawhi Leonard,” lanjutnya.

Masa depan Leonard yang baru saja membawa Toronto Raptors meraih gelar perdana NBA memang dipertanyakan seiring penolakannya terhadap perpanjangan kontrak setahun dengan nilai US$21,3 juta. Berstatus Unrestricted Free Agent (UFA), Leonard bebas memilih tim mana yang akan dia bela musim depan.

Duo Las Angeles yakni Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers pun saling sikut melihat kesempatan merekrut MVP Final NBA 2019 itu. Namun Leonard belakangan dikabarkan telah memilih Clippers sebagai pelabuhan baru.

Dilansir NBA.com, Sabtu (6/7/2019), Leonard merapat ke Clippers dengan nilai kontrak US$142 juta alias sebesar Rp2 triliun untuk durasi empat tahun. Kepindahan Leonard ke Clippers sekaligus mematahkan rumor yang beredar kencang sebelumnya.

Hingga pekan lalu, pebasket 28 tahun itu disebut lebih dekat ke Lakers. Leonard digadang-gadang bakal membuat Lakers kian digdaya karena sebelumnya sudah memiliki LeBron James dan big man anyar, Anthony Davis.

Kevin O’Connor meramal Clippers bakal menjadi tim favorit anyar di Wilayah Barat dengan bergabungnya Leonard. “Saingan mereka banyak, dari Utah Jazz, Golden State Warriors hingga Houston Rockets.”

Leonard sendiri hanya menghabiskan satu musim di Toronto Raptors. Kedatangan Leonard ke Raptors pada awalnya mengundang keraguan karena Raptors harus kehilangan DeMar DeRozan dalam proses pertukaran.

Namun Leonard sukses membuktikan bahwa ia mampu membawa Raptors meraih gelar NBA untuk pertama kali dalam sejarah. Sepanjang babak play-off, Leonard menyumbang 732 poin dan duduk di posisi ketiga di bawah LeBron James (748) dan Michael Jordan (759) sebagai pemain yang paling banyak menyumbang angka di babak play-off.

Tak hanya Leonard, Clippers dikabarkan sukses mendapatkan bintang lain yakni Paul George dari Oklahoma City Thunder. Selama dua musim George menjadi bagian proyek ambisius Thunder selepas kepergian Kevin Durant ke Warriors. Musim lalu dia tampil gemilang dan menjadikannya salah satu kandidat MVP NBA. Kehadiran Leonard dan George tentu digadang-gadang memberikan gelar perdana bagi Clippers di ajang NBA.