Duel Panas Konta Vs Kvitova di 16 Besar Wimbledon

Johanna Konta (Reuters/Toby Melville)
08 Juli 2019 16:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, LONDON — Johanna Konta bakal menghadapi laga serbasulit melawan petenis Republik Cheska, Petra Kvitova, dalam babak 16 besar Wimbledon 2019 di London, Senin (8/7/2019). Sebagai petenis tuan rumah, Konta memikul beban besar untuk menjaga harga diri Inggris di Wimbledon. Di sisi lain, Kvitova jelas bukan lawan enteng karena pernah menjuarai turnamen legendaris itu pada 2011 dan 2014.

Konta menyelamatkan muka Inggris setelah menundukkan petenis unggulan asal Amerika Serikat, Sloane Stephens, dengan skor 3-6, 6-4, 6-1, di babak ketiga Wimbledon, Minggu (7/7/2019) dini hari WIB. Kemenangan yang diraih dalam duel dua jam lebih itu membuat Inggris masih memiliki wakil di babak 16 besar Wimbledon.

Sebagai petenis putri terakhir tuan rumah yang bertahan di Wimbledon, Konta bakal menghadapi beban ganda saat melawan Kvitova. “Dia [Kvitova] adalah peraih gelar juara Wimbledon dua kali. Ini lapangan favoritnya. Saya akan menghadapi Kvitova yang sangat menginspirasi, sangat kuat,” ujar Konta seperti dilansir County Press, Minggu.

Tahun ini Kvitova menjalani musim yang cukup baik dengan memenangi turnamen tenis di Dubai, Uni Emirat Arab, dan Stuttgart, Jerman. Kvitova juga menembus babak final ajang grand slam Australian Open meski akhirnya takluk dari Naomi Osaka.

Sebaliknya, Konta belum satu pun meraih trofi musim ini. Pencapaian terbaiknya tahun ini adalah final di turnamen Maroko serta Roma, Italia. Rekor pertemuan juga tak terlalu berpihak pada Konta. Dari empat perjumpaannya dengan Kvitova, dia hanya mampu sekali menang yakni di babak 16 besar turnamen Eastbourne, Inggris, tahun 2016.

“Dia bermain luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Dia masuk final Australian Open tahun ini. Itu menunjukkan dia sedang menampilkan performa tenis yang baik,” ujar Konta.

Sementara itu, Kvitova memanfaatkan waktu istirahat satu hari seusai membekuk Magda Linette untuk memulihkan cedera lengannya. Petenis 29 tahun tersebut menilai Konta patut diwaspadai karena bakal memiliki semangat lebih di hadapan publik sendiri. “Tentu saja, kerumunan penonton akan ada di pihaknya. Ini akan menjadi laga sulit,” ucap Kvitova.