Taekwondo Solo Belajar ke Korsel

Ilustrasi (Solopos/Whisnupaksa)
15 Juli 2019 16:55 WIB Ivan Andimuhtarom Sport Share :

Solopos.com, GWANGJU - Delapan perwakilan Pengurus Kota (Pengkot) Taekwondo Indonesia (TI) Solo berangkat ke Kota Gwangju, Korea Selatan, untuk mengikuti kejuaraan dan training kepelatihan pada Minggu-Minggu (14-21/7/2019). Langkah itu diambil untuk memajukan cabang olahraga (cabor) bela diri asal Korea Selatan itu di Kota Bengawan.

Event yang mereka ikuti bernama 2019 Gwangju International Taekwondo Academy. Delapan orang yang terdiri atas enam atlet, satu pemimpin tim, dan satu ofisial tersebut memiliki target meraih ilmu sebanyak-banyaknya agar bisa diterapkan di Solo saat mereka kembali.

Ketua tim yang sekaligus Ketua Pengkot TI Solo, Donny Susanto, mengatakan tiga di antara enam atlet yang turut serta ke Korea Selatan adalah pelatih taekwondo. Selain menimba ilmu, mereka juga akan mengikuti pertandingan kategori pommsae.

Mereka adalah Kun Abiarso Basuki dari Dojang Pajang, Brillian Noktiluca Priliko dari Dojang SKB Solo, dan Ririt Chakri Muninggar dari UKM Unisri Solo. Kun akan tampil di pertandingan kategori poomsae senior U-50, Brillian ikut dalam pertandingan poomsae senior U-30, sedangkan Ririt turut bertanding di poomsae senior U-49.

"Ada tiga taekwondoin yang khusus untuk bertanding. Mereka adalah Alvin Anindra Putra, Salsabila Ramadhani Yudananto, dan Arvino Ahnaf. Lalu ada satu ofisial yaitu Endang Sri," ujarnya kepada Solopos.com, Minggu.

Donny mengatakan akan memanfaatkan event yang digelar di Universitas Chosun tersebut sebaik-baiknya. Kelak, mereka akan memberi warna baru sehingga olahraga taekwondo semakin berkembang di Kota Solo.

"Kami ingin memberi jam terbang lebih banyak kepada atlet-atlet Solo dan memberikan edukasi kepada beberapa pelatih taekwondo di Solo," terangnya.

Lebih lanjut, akhir bulan lalu, kontingen taekwondo Solo sukses menyabet tiga emas, enam perak, dan lima perunggu di Kejuaraan UPI Challenge di Bandung. Kemudian, pada 5-7 Juli lalu, para taekwondoin Solo sukses mengumpulkan 16 emas, 13 perak, dan enam perunggu di ajang Kejurnas Magelang Open 2019 untuk kelas pemula.