Pedrosa: Lorenzo Butuh Waktu

Jorge Lorenzo (Reuters/Susana Vera)
17 Juli 2019 16:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Solopos.com, MADRID - Jorge Lorenzo belum menunjukkan performa gemilang bersama Repsol Honda hingga paruh musim pertama Moto GP 2019. Eks pembalap Honda, Dani Pedrosa, menyebut Lorenzo butuh waktu untuk memahami motor barunya.

Lorenzo direkrut Honda pada awal musim ini untuk menggantikan posisi Pedrosa yang pensiun. Bergabungnya Lorenzo ke Honda sempat membuat kalangan menyebut tim itu bakal menguasai Moto GP. Pasalnya, dua pembalap Honda adalah juara dunia.

Lorenzo merupakan juara dunia Moto GP tiga kali. Sedangkan rekan setimnya, Marc Marquez, sudah lima kali merebut gelar juara dunia Moto GP. Bahkan, Marquez adalah sang juara bertahan dan terus bersaing di jalur juara.

Namun, performa Lorenzo justru di luar ekspektasi. Dia tak berhasil menampilkan performa yang apik. Pembalap berjuluk X-Fuera ini memang terus menurun selepas pisah dengan Yamaha. Bahkan saat bergabung dengan Ducati pun Lorenzo tak bisa berkembang.

Pedrosa tak menampik Lorenzo adalah pembalap hebat. Namun menurutnya, Lorenzo adalah tipe pembalap yang butuh waktu untuk klop dengan motor barunya. Saat di Ducati, Lorenzo bahkan baru tampil apik pada balapan-balapan akhir di musim kedua.

“Jika dia [Lorenzo] ingin cepat, dia sangat cepat. Saya tidak akan meragukannya, dia sudah menunjukkan bahwa dia bisa. Tentu saja, kadang-kadang terjadi ketika Anda perlu beradaptasi dengan motor baru, tetapi kadang-kadang tidak. Jika dia bisa melakukannya, dia akan membuat lompatan besar," ujar Pedrosa, seperti dikutipd ari dari Speedweek, Rabu (17/7/2019).

"Ada dua jenis pembalap: satu yang pergi, melupakan apa yang dia lakukan sebelumnya, dan melakukannya dengan benar untuk pertama kalinya seperti [Casey] Stoner, yang mampu mengendarai Honda dan prototipe lain dengan baik dalam waktu singkat. Sedangkan jenis lainnya adalah yang perlu waktu untuk mengerti prosesnya. Ini termasuk Jorge,” tandas Pedrosa.