SOLOPOS.COM - Striker Real Madrid, Gonzalo Higuan (kedua dari kanan), melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Galatasaray pada perempat final Liga Champions di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (4/4/2013) dini hari WIB. Gol Higuain membawa Madrid menang 3-0 atas Galatasaray. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Striker Real Madrid, Gonzalo Higuan (kedua dari kanan), melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Galatasaray pada perempat final Liga Champions di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (4/4/2013) dini hari WIB. Gol Higuain membawa Madrid menang 3-0 atas Galatasaray. JIBI/SOLOPOS/Reuters

MADRID—Real Madrid memperbesar peluangnya melaju ke babak semifinal Liga Champions musim ini. Los Blancos, julukan Madrid, menjejakkan satu kakinya ke babak empat besar setelah sukses mempecundangi Galatasaray 3-0 pada leg pertama perempat final di Santiago Bernabeu, Kamis (4/4/2013) dini hari WIB.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Keunggulan Madrid atas Galatasaray masing-masing disumbangkan oleh Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Gonzalo Higuain.

Dengan hasil ini Madrid berada di atas angin. Los Blancos tinggal membutuhkan hasil seri atau seandainya kalah tak kebobolan dengan selisih lebih dari tiga gol untuk memuluskan langkahnya ke semifinal pada pertemuan kedua. Laga leg kedua giliran Galatasaray yang bertindak sebagai tuan rumah di Turk Telkom Arena, Istanbul, Selasa (10/4/2013) dini hari WIB.

Jalannya Pertandinga

Menjamu Galatasaray, Madrid tampaknya tak ingin bermain-main.  Terbuktikan Los Blancos tampil dengan skuat Winning XI-nya untuk menghadapi tim yang di atas kertas kualitasnya juah berada di bawahnya. Pelatih Madrid, Jose Mourinho, menerapkan formasi 4-2-3-1.

Pelatih asal Portugal itu mempercayakan Karim Benzema sebagai striker tunggal. Benzema ditopang tiga penyerang haus gol di belakangnya, yakni Cristiano Ronaldo, Mesut Ozil dan Angel Di Maria. Sementara, lini tengah dipercayakan kepada duet, Xabi Alonso dan Sami Khedira.

Untuk lini belakang, Mou, sapaan Mourinho, kali tak menurunkan Pepe. Posisi Pepe digantikan Essien, yang bekerja sama dengan Sergio Ramos, Varane dan Fabio Coentro. Sementara, posisi penjaga gawang dipercayakan pada Diego Lopez.

Di sisi lain, Galatasaray menurunkan formasi 4-4-2 versi Diamond. Didier Drogba diturunkan sebagai starter berduet dengan Burak Yilmaz. Keduanya, didukung mantan pemain Madrid dan Inter Milan, Wesley Sneijder.

Peluit kickoff baru dibunyikan, Madrid langsung tancap gas. Beberapa peluang sudah diciptakan Los Blancos, antara lain melalui tendangan keras Di Maria dan tandukan Benzema.

Membombardir pertahanan Galatasaray, Madrid pun akhirnya menciptakan gol cepat. Tepatnya di menit kesembilan, Ronaldo membuat Madrid unggul setelah memanfaatkan umpan terobosan Ozil. Sepakannya dengan melakukan chip tak mampu dihalau penjaga gawang Galatasaray, Diego Muslera. Madrid pun unggul 1-0.

Tertinggal Galatasaray mencoba keluar menyerang. Drogba membuat peluang di menit ke-11. Namun, tembakannya masih melambung dari gawang Diego Lopez.

Tekanan Galatasaray hanya bertahan beberapa saat. Madrid kembali melakukan determinasi. Los Blancos benar-benar tampil dominan dalam penguasaan bola.

Sementara, Galatasaray lebih cenderung melakukan serangan balik. Namun, bukan berarti tim asal Turki ini tak mampu menciptakan peluang.

Pada menit ke-26, Drogba kembali membahayakan pertahanan Madrid lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Namun, tembakan eks striker Chelsea itu masih mampu diblok Lopez.

Selang tiga menit, Madrid justru mampu menambah keunggulan. Kali ini giliran Benzema yang mencatatkan namanya di papan skor. Striker asal Prancis itu menjebol gawang Galatasaray melalui sepakan setelah meneruskan assist Essien. Madrid pun unggul 2-0.

Keunggulan cukup mencolok tak membuat Madrid mengendurkan serangan. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan wasit Svein Moen, tanda berakhrinya babak pertama, tak ada lagi gol yang tercipta dari kedua belah pihak.

Selepas jeda, Galatasaray langsung melakukan perubahan. Sneijder yang tak terlihat efektif ditarik keluar digantikan Gokhan Zan.

Simak berita terkait: http://digital.solopos.com/file/04042013/

Kendati demikian, skuat besutan Fatih Terim masih belum mampu membongkar pertahanan Madrid yang tampil disiplin.

Pada menit ke-65, Mou melakukan perubahan. Mou menarik Benzema yang tampak kelelahan untuk digantikan dengan Gonzalo Higuan, yang lebih segar.

Strategi Mou berjalan efektif. Baru delapan menit masuk, Higuan sudah mencetak gol. Striker asal Argentina ini membawa Madrid kian di atas angin setelah tandukkannya memanfaatkan tendangan bebas Xabi Alonso meluncur deras ke pojok kanan gawang Muslera.

Gol Higuan tersebut menjadi yang terakhir dalam laga ini. Madrid pun unggul secara superior dengan kedudukan 3-0

Susunan pemain



REAL MADRID

Diego Lopez (Gk); Varane, Ramos, Fabio Coentrao; Khedira, Ozil (Modric 81’), Xabi Alonso, Essien; Di Maria (Pepe 86’), Ronaldo, Benzema (Higuain 65’)

GALATASARAY

Muslera (Gk); Nounkeu, Semih Kaya, Eboue, Hamit Altintop (Ubut 78’), Selcuk Inan, Felipe Melo, Reira (Amrabat 84’), Sneijder(Gokhan Zan 46’), Drogba, Burak Yilmaz

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya